Rabu, 30 Juli 2014

Kemendag dorong promosi produk unggulan UKM

Jumat, 3 Mei 2013 23:40 WIB | 2.852 Views
Kemendag dorong promosi produk unggulan UKM
Ilustrasi. Seorang pengunjung mengamati produk pada sebuah Pameran Hasil Produk Koperasi dan UMKM se-Indonesia di Plaza Ambarrukmo, Yogyakarta, Kamis (9/6). (ANTARA/Noveradika)
Jakarta (ANTARA News) - Kementerian Perdagangan (Kemendag) melalui penyelenggaraan Pameran Pangan Nusa (PPN) dan Pameran Produk Dalam Negeri (PPDNR) diharapkan mampu mendorong promosi produk unggulan dari usaha kecil menengah (UKM) Indonesia.

"Pameran ini untuk mempromosikan produk unggulan UKM Indonesia, dan juga mempertemukan UKM dengan pelaku bisnis ritel," kata Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan Srie Agustina, dalam jumpa pers, di Jakarta, Jumat.

Srie menjelaskan, PPN dan PPDNR juga bertujuan untuk mengembangkan dan meningkatkan potensi sumber daya alam maupun sumber daya manusia di daerah yang belum diolah secara maksimal dan melalui pameran tersebut mampu meningkatkan perekonomian daerah.

Pada 2013 ini PPN dan PPDNR diselenggarakan di lima kota di Indonesia seperti Pontianak-Kalimantan Barat, Palembang-Sumatera Selatan, Cirebon-Jawa Barat, Mataram-Nusa Tengara Barat dan DKI Jakarta.

"Penyelenggaraan pameran ini lebih didekatkan ke lokal atau daerah, karena jika hanya diselenggarakan di Jakarta jumlah peserta terbatas dan kurang bisa mengangkat potensi UKM di daerah," jelas Srie.

Srie menjelaskan, total omset yang ditargetkan dalam rangkaian pameran tersebut sebanyak Rp10 miliar dan diharapkan jumlah pengunjung bisa mencapai 60.000 orang di tiap kota.

"Dari 2009-2012, omset yang dihasilkan lebih kurang Rp16 miliar dan UKM yang telah difasilitasi sebanyak 4725 UKM," kata Srie.

PPN merupakan ajang untuk mempromosikan produk UKM pangan nusantara sekaligus memperkenalkan potensi kuliner unggulan dalam negeri yang berkualitas dan berdaya saing.

Tahun ini, Pameran Pangan Nusa memasuki tahun penyelenggaraan kedelapan, sedangkan Pameran Produk Dalam Negeri Regional merupakan penyelenggaraan tahun kedua.

(V003/E008)

Editor: Ruslan Burhani

COPYRIGHT © 2013

Komentar Pembaca
Baca Juga