Jakarta (ANTARA News) - Anggun C. Sasmi mengatakan semua orang bisa belajar menyanyi tapi menjadi penyanyi tidaklah mudah.

"Jadi penyanyi itu susah, harus punya ciri," kata Anggun, yang kini menjadi salah satu juri dalam acara "X Factor Indonesia", di Jakarta, Selasa.

"Setiap orang punya ciri khas suara, itu bisa diolah. Tetapi warna suara, nggak semua orang punya," tambah dia.

Kepada para penyanyi muda, khususnya bagi anak didiknya dalam ajang kompetisi menyanyi, Anggun berpesan agar mereka mencari banyak pengalaman supaya bisa melihat banyak warna musik dan menentukan genre musik yang diminati.

Anggun juga berbagi kiat menghadapi konsekuensi menjadi penyanyi pada masa sekarang, saat semua orang bisa berkomentar melalui media jejaring sosial.

"Saya selalu pesan, kritik dari orang yang tidak kamu kenal, nggak usah didengar, nggak usah dimasukkan ke hati. Dengarkan kritik dari orang yang kamu kenal, orang yang background-nya gimana," jelasnya.

Sebagai mentor dalam ajang kompetisi musik, Anggun berkata tugasnya berbagi pengalaman pada anak-anak didiknya. Setelah itu mereka mesti memilih jalan mereka sendiri.

"Mereka harus mandiri. Jalannya mereka harus lukis sendiri," katanya.

Pewarta: Natisha Andarningtyas
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2013