... bahkan memberi pengawalan khusus kepada para calon kepala daerah dan wakil kepala daerah... "
Mataram, NTB (ANTARA News) - Sebanyak empat Satuan Setingkat Kompi Satuan Pelopor II Korps Brigade Mobil Kepolisian Daerah Metro Jaya dan koleganya dari Kepolisian Daerah DIY mulai berugas membantu pengamanan Pilkada di Nusa Tenggara Barat.

"Tadi malam empat SSK Brimob bantuan dari Jakarta dan Yogyakarta itu tiba di Bandara Internasional Lombok, dan langsung dikerahkan menempati pos pengamanan masing-masing," kata Kabid Humas Polda NTB, AKBP Sukarman Husein, di Mataram, Rabu.

Ia mengatakan, empat SSK Brimob itu berjumlah 425 orang, terdiri dari dua SSK atau sebanyak 214 orang dari Satpor II Korps Brimob Jakarta, dan 211 orang dari Brimob Polda DIY.

Sebanyak 316 orang personil Brimob, terdiri dari 211 orang personil Brimob Polda DIY dan 105 orang Birmob Satpor II Korps Brimob Jakarta, menempati pos pengamanan untuk Pilkada di Kabupaten Lombok Timur.

Sedangkan 109 orang personil Brimob lainnya dari Satpor II Korps Brimob Jakarta, dikerahkan untuk menempati pos pengamanan untuk Pilkada di Kota Bima.

"Mohon dukungan semua pihak, termasuk pers, karena kerawanan paling krusial ada pada tahapan pemungutan dan penghitungan suara," ujarnya.

Menurut dia, aparat kepolisian terlibat langsung dalam tugas pengamanan berbagai aktivitas pilkada, bahkan memberi pengawalan khusus kepada para calon kepala daerah dan wakil kepala daerah, semenjak ditetapkan KPU hingga tahapan akhir pilkada.

Pilkada di wilayah NTB akan berlangsung di tiga sekmen yakni pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur NTB, Bupati dan Wakil Bupati Lombok Timur, dan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bima.

Tahapan pemungutan suara akan digelar secara bersamaan yakni pada 13 Mei 2013 untuk putaran pertama, dan 22 Juli jika harus ada putaran kedua.

Untuk Pilkada di Provinsi NTB, terdapat empat pasangan calon yang diusung gabungan partai politik, yakni TGH M Zainul Majdi dan Muhammad Amin (TGB-Amin), Harun Al Rasyid dan TGH Lalu Muhyi Abidin (Harum), DR KH Zulkifli Muhadli dan Prof DR H Muhammad Ichsan (Zul-Ichsan), dan H Suryadi Jaya Purnama dan Johan Rosihan "Suryadi-Johan". (*)

Pewarta: Anwar Maga
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2013