Thanks for everything, Boss"
London (ANTARA News) - Cristiano Ronaldo menjadi diantara tokoh dunia olahraga dan politik yang menyampaikan penghargaan kepada Alex Ferguson setelah manajer Manchester United ini mengumumkan mengundurkan diri di akhir musim ini.

Mantan gelandang United ini berpesan di Twitter dengan ringkas sekali.

Ronaldo memposting gambar hari pertamanya di Old Trafford bersama Ferguson pada 2003 dengan satu pesan mengikuti gambar itu "Thanks for everything, Boss" (Terimakasih untuk segalanya, bos).

Perdana Menteri Inggris David Cameron, yang pendukung Aston Villa juga berkicau di Twitter, "Pencapaian Sir Alex Ferguson di #MUFC sungguh istimewa. Semoga kepensiunannya akan membuat jalan tim saya (Aston Villa) agak lebih mudah."

Sementara Presiden FIFA Sepp Blatter menyatakan orang tak akan lagi melihat masa seperti Ferguson menangani United yang menghiasi 26 tahun kepelatihannya dengan 38 tropi, termasuk 13 juara Liga Premier.

"Pencapaiannya di sepabola menempatkannya tanpa ragu lagi sebagai salah seorang yang terbesar," kicau Blatter dalam Twitter. "Akankah ketahanannya berada di puncak bisa terulang?"

Presiden UEFA Michel Platini juga menyanjung Ferguson sebagai visioner sejati yang memberi kontribusi besar untuk sepakbola.

"Dedikasinya, perhatiannya pada detail dan ketajamannya melihat pemain berbakat semasa menjadi manajer Manchester United dan Aberdeen telah dibalas oleh penghargaan selama 30 tahun," tulis Platini.

Sementara dari jajaran mantan pemain Manchester United, Paul Ince berkata, "Dia telah berbuat banyak, Anda tak akan pernah melihat orang seperti dia lagi."

Peter Schmeichel, kiper Denmark yang pernah menjadi anak kesayangan Ferguson, menggambarkan keputusan mundur mantan bosnya itu mengejutkan.

"Itu laksana bom, saya sungguh tak tahu harus berbuat apa," kata Schmeichel seperti dikutip AFP. "Kemarin saya benarbenar gembira atas apa yang dicapainya musim ini, tapi kini, saya kecewa dan sedih sekali."

Louis Saha, penyerang Prancis yang mencetak 42 gol selama 120 bertanding untuk United menyebut Ferguson sebagai "orang paling berkuasa yang pernah saya temui dalam hidup saya setelah ayah saya", lalu menambahkan, "Hormat setinggi-tingginya untuk Dewa Sepakbola."

Komentar juga datang dari lintas sepakbola seperti disampaikan bintang golf Rory McIlroy

"Akhir dari sebuah era! Sir Alex  Ferguson, yang terbesar sepanjang masa! United akan melewati masa yang sulit dalam mencari penggantinya!"

Sementara Alex Salmond, Menteri Utama Skotlandia, menyebut Ferguson sebagai bukti nyata bahwa dia besar sepanjang masa.

"Saya tetap yakin bahwa ujian terbesar dari seorang manajer sepakbola sejati adalah kemampuannya untuk memenangi kejuaraan-kejuaraan terbesar bersam klub tak biasa atau tim yang tak begitu kuat.

"Menjuarai Cup Winners' Cup bersama Aberdeen di Gothenburg (pada 1983) adalah tanda bahwa apa yang tengah kita bicarakan ini adalah mengenai salah seorang manajer sepakbola terbesar sepanjang masa."

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2013