Program yang ada di Pasar Cipanas ini, patut menjadi contoh bagi pasar sehat lainnya di Indonesia. Pasar sehat itu dibentuk atas kerjasama lintas sektor antara dengan Palang Merah Indonesia (PMI), United States Agency for International Development (U
Cianjur (ANTARA News) - Wakil Menteri Kesehatan Prof Dr Ali Ghufron Mukti, menyatakan Pasar Cipanas, Cianjur, Jabar, layak menjadi percontohan pasar sehat di Indonesia.

Ghufron saat mengunjungi Pasar Cipanas, Rabu, mengatakan pasar tersebut layak dijadikan percontohan pasar sehat di Indonesia setelah meliht program yang ada.

Dia mengevaluasi program yang ada di pasar tersebut, didampingi Bupati Cianjur, Tjetjep Muchtar Soleh dan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag).

"Program yang ada di Pasar Cipanas ini, patut menjadi contoh bagi pasar sehat lainnya di Indonesia. Pasar sehat itu dibentuk atas kerjasama lintas sektor antara dengan Palang Merah Indonesia (PMI), United States Agency for International Development (USAID) dan pemerintah Cianjur," katanya.

Dia menilai dengan kerjasama lintas sektor, dapat menjadikan pasar sebagai pusat kegiatan ekonomi, namun kebersihan dan kesehatannya baik pedagang, barang yang didagangkan dan pengunjungnya dapat terjaga.

Pasar merupakan satu di antara sekian tempat yang memiliki resiko yang cukup tinggi dalam menularkan penyakit berbahaya. Sedperti kasus flu burung di mana pasar menjual hewan-hewan yang bisa menularkan penyakit tersebut, ujarnya.

Sementara itu, Bupati Cianjur, Tjetjep Muchtar Soleh, berencana akan memaksimalkan fungsi dan peran Pasar Cipanas sebagai pasar induk di Kecamatan Cipanas.

Pasar Cipanas masih butuh rehabilitasi karena belum berfungsinya Terminal Cipanas sehingga menyebabkan kemacetan di depan pasar. Semuanya akan dilakukan bertahap karena anggarannya terbatas, katanya.

Dia menambahkan, jika terminal selesai direhabilitasi pasar harus selesai direhabilitasi. Pihaknya berencana melakukan rehabilitasi keduanya pada tahun ini.

"Program pasar sehat ini akan dilakukan di pasar induk lainnya di Cianjur karena Pasar Cipanas sebagai pasar sehat percontohan telah berhasil. Pasar Cipanas dianggap sehat dari pasar lain," tandasnya.
(KR-FKR/Y003)

Pewarta: Ahmad Fikri
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013