Menggantikan Alex Ferguson adalah pekerjaan yang sangat, sangat besar. Siapapun yang datang akan memerlukan bantuan Alex Ferguson."
London (ANTARA News) - Pelatih Everton David Moyes menjadi kandidat terdepan untuk menggantikan Alex Ferguson sebagai pelatih Manchester United, setelah pria Skotlandia itu mengumumkan pada Rabu bahwa dirinya akan pensiun melatih klub raksasa Inggris itu.

Moyes, yang dikait-kaitkan dengan lowongan di Old Trafford oleh laporan-laporan media, telah lama dikagumi oleh Ferguson untuk pekerjaannya dengan bujet ketat di Everton, namun ia belum pernah memenangi trofi utama sejak menangani klub itu pada 2002, lapor AFP.

Moyes menjadi kandidat favorit di semua bursa taruhan utama Inggris beberapa jam setelah Ferguson menyatakan tekadnya untuk pensiun.

Kandidat-kandidat lain untuk salah satu pekerjaan profil tinggi di dunia sepak bola termasuk pelatih Real Madrid Jose Mourinho, yang memiliki rivalitas bersahabat dengan Ferguson saat masih menangani Chelsea dan tidak merahasiakan hasratnya untuk kembali ke Inggris.

Ketua eksekutif United David Gill menggaris bawahi kualitas-kualitas yang diperlukan untuk posisi pelatih di Old Trafford, dan mengatakan hanya sedikit kandidat yang cocok bagi mereka.

"Kualitas-kualitas adalah salah satu hal yang melekat di Manchester United selama bertahun-tahun," kata Gill kepada MUTV.

"Dua era tersukses kami ada dengan manajer-manajer yang terlibat pada semua aspek di klub, dari tim muda sampai tim pertama, untuk mendapatkan derajat loyalitas dan pemahaman klub sepak bola."

"Tentu saja ia harus memiliki pengalaman sepak bola yang diperlukan, baik dalam hal pengalaman domestik dan Eropa. Itu adalah kolam kecil."

Gill mengatakan dewan akan meminta opini Ferguson dan direktur United Bobby Charlton sebelum menunjuk pelatih baru.

Sang ketua eksekutif - yang ia sendiri akan mengundurkan diri diri pada akhir musim - menegaskan meski Ferguson bergabung dengan dewan, suksesornya akan mendapat ruang yang diperlukan.

Namun mantan gelandang United dan Inggris Paul Ince mengatakan terdapat resiko dari kehadiran berlanjut Ferguson di klub, yang dapat memberikan dampak buruk.

"Siapapun yang datang untuk menggantikannya harus berurusan dengan warisan Manchester United," kata Ince kepada Sky Sports News.

"Menggantikan Alex Ferguson adalah pekerjaan yang sangat, sangat besar. Siapapun yang datang akan memerlukan bantuan Alex Ferguson."

"Siapapun yang datang, jika itu tidak berjalan baik Anda harus berhadapan dengan anak-anak tangga Sir Alex Ferguson, dan itu dapat menambah tekanan terhadap Anda."

Bagi penggemar United, keputusan Ferguson untuk tetap memiliki peran di Old Trafford bukan sesuatu yang melegakan.

Ketika sesama sosok pelatih hebat asal Skotlandia Matt Busby - yang membawa United meraih gelar Eropa pertama mereka pada 1968 - pensiun, ia tetap berperan sebagai manajer umum, kemudian tim dilatih oleh Wilf McGuinness dan kemudian Frank O`Farrell yang datang dan pergi sebelum United terdegradasi pada strata kedua sepak bola Inggris pada 1974. (RF/I015)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2013