Kamis, 18 September 2014

15 pasangan perseorangan daftar pilkada Garut

Jumat, 10 Mei 2013 21:14 WIB | 3.528 Views
15 pasangan perseorangan daftar pilkada Garut
Pasangan Cabup dan Cawabup Garut Muhtarom (kiri) dan wakilnya Vokalis "Setia Band" Charly (kanan) berfoto bersama usai setelah mendaftarkan diri dan menyerahkan berkas dukungan masyarakat berupa Kartu Tanda Penduduk (KTP) sebanyak 156.503 lembar sebagai syarat ikut pemilihan kepala daerah (pilkada) ke KPU Kabupaten Garut, Jawa Barat, Kamis (9/5). (FOTO ANTARA/Feri Purnama)
Garut (ANTARA News) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Garut, Jawa Barat, mencatat sudah ada 15 pasangan dari jalur perseorangan yang mendaftar dan menyerahkan berkas persyaratan sebagai calon Bupati dan Wakil Bupati Garut periode 2014-2019.

"Sampai saat ini ada 15 pasangan yang sudah menyerahkan berkas dukungan persyaratan pencalonan dari jalur perseorangan atau non partai," kata anggota Divisi Tekhnis KPU Garut, Abdal kepada wartawan, Jumat.

Ia mengatakan jumlah pasangan calon itu baru sementara yang sudah melengkapi berkas dukungan masyarakat berupa foto copy KTP kepada KPU.

Menurut dia, pasangan calon dari perseorangan itu kemungkinan akan bertambah karena batas pendaftaran dan penyerahan berkas persyaratan adminsitrasi ke KPU berakhir Jumat, pukul 00.00 WIB.

"Hari ini (Jumat) sampai pukul 00.00 WIB adalah batas akhir pendaftaran calon dari perseorangan dan katanya ada lagi empat pasangan calon yang akan daftar sekarang," katanya.

Ia mengatakan, empat pasangan calon itu sudah menyatakan siap menyerahkan persyaratan dukungan kepada KPU.

Jika empat pasangan calon itu jadi mendaftar, kata Abdal, jumlah pasangan calon dari perseorangan bertambah menjadi 19 pasangan yang akan ikut pemilihan kepala daerah Garut, September 2013.

"Nanti kita verfikasi dulu keabsahan data dukungan yang mereka serahkan, jadi belum dapat dipastikan pasangan calon perseorangan itu lolos persyaratan atau tidak." katanya.

Pasangan calon perseorangan menyerahkan berkas berupa foto copy KTP bukti dukungan masyarakat tersebut menyatakan sudah lebih dari jumlah yang ditetapkan KPU sebanyak 89.783 dukungan atau 3 persen dari jumlah penduduk Garut.

Berkas dukungan itu oleh KPU akan diverifikasi secara faktual dengan mendatangi langsung masyarakat yang terdaftar dalam dukungan itu mulai tanggal 15 hingga 23 Mei 2013.

"Hasil penelusuran langsung ke masyarakat itu akan ketahuan keabsahannya, jika pasangan calon tidak memenuhi jumlah dukungan yang ditetapkan, berarti dinyatakan tidak lolos," katanya.

Dari 15 pasangan calon perseorangan itu, dua diantaranya didampingi artis musisi ternama, Deddy Dores dan Charly, vokalis "Setia Band" yang diposisikan sebagai Wakil Bupati Garut.

Sementara itu, pasangan calon dari partai politik belum dibuka pendaftaran pencalonannya oleh KPU Garut.

Editor: Unggul Tri Ratomo

COPYRIGHT © 2013

Komentar Pembaca
Baca Juga