Bogor (ANTARA News) - Direktorat Jenderal Bina Usaha Kehutanan, Kementerian Kehutanan mencatat selama tiga tahun terakhir 4,4 miliar pohon telah ditanam dalam program penanaman satu miliar pohon yang dicanangkan oleh pemerintah.

"Program penanaman satu miliar pohon telah bergulir dengan baik, dalam waktu tiga tahun terakhir realisasi penanaman telah melebihi target," kata Dirjen Bina Usaha Kehutanan, Kementerian Kehutanan, Bambang Hendroyono dalam acara "Go Green" di Taman Wisata Gunung Pancar, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Minggu.

Bambang merincikan, pada tahun 2010 pohon tertanam 1,3 miliar atau 130 persen. Jumlah tersebut meningkat di 2011 sebanyak 1,5 miliar pohon atau 150 persen.

Hingga 2012 realisasi tanam juga jauh lebih meningkat dari dua tahun terakhir yakni sebesar 1,6 miliar pohon.

Bambang menyatakan, pencapaian target satu miliar pohon tersebut tidak lepas dari bantuan seluruh kepala daerah, BUMN, BUMD, DPRD, perguruan tinggi, sekolah, pramuka dan lembaga swadaya masyarakat.

"Peran aktif semua pihak inilah yang mendukung terpenuhinya target penanaman satu miliar pohon ini," ujarnya.

Bambang menambahkan, Kementerian Kehutanan optimis gerakan penanaman satu miliar pohon akan memberi hasil yang nyata bagi semua pihak terutama dalam mencegah terjadinya bencana alam seperti banjir, longsor dan lain sebagainya.

"Kita menargetkan penanaman di 2013 ini juga lebih banyak dari tahun sebelum-sebelumnya lebih dari 1,5 miliar pohon," katanya.

Pewarta: Laily Rahmawati
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2013