London (ANTARA News) - Inggris akan mengalokasikan 40 juta poundsterling (Rp593 miliar) bantuan kemanusiaan dan bantuan nonmiliter kepada pemberontak Suriah yang memerangi pemerintah Presiden Bashar al-Assad, kata kantor perdana menteri Inggris seperti dikutip RIA Novosti.

Perdana Menteri Inggris David Cameron bertemu dengan Presiden AS Barack Obama Senin untuk membahas konflik Suriah setelah sebelumnya bertemu dengan Presiden Rusia Vladimir Putin akhir pekan untuk membicarakan masalah yang sama.

Dua bulan lalu, Bashar al-Assad mengatakan Inggris memainkan peran konstruktif di wilayah tersebut namun menuduh negara itu memasok senjata kepada pemberontak Suriah.

Diskusi-diskusi diplomatik mengenai konflik Suriah akan terus berlanjut pekan ini. Putin akan berbicara dengan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu, dan Menteri Luar Negeri AS John Kerry dan Menlu Rusia Sergei Lavrov di Swedia, Selasa ini.

Suriah terkunci dalam perang saudara berdarah sejak demonstrasi menentang Presiden Assad pecah Maret 2011. Lebih dari 70.000 orang tewas dalam konflik itu.

(H-AK/H-RN) 

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2013