Jakarta (ANTARA News) - Partai Bulan Bintang akan mengumumkan pengganti Komjen (Purn) Susno Duadji pada Kamis (16/5) setelah sebelumnya dinyatakan tidak lolos administrasi oleh KPU dalam proses verifikasi.

"Kamis besok (16/5) akan kami pastikan siapa pengganti beliau (Susno)," kata Sekretaris Jenderal PBB BM Wibowo kepada Antara di Jakarta, Selasa.

Wibowo mengatakan partainya akan memberikan prioritas kualitas pengganti mantan Kabareskrim Mabes Polri tersebut. Hal itu menurut dia termasuk mempertimbangkan rekomendasi yang ajukan oleh Susno Duadji kepada PBB.

"Ada rekomendasi dari Pak Susno dari keluarga dan koleganya," ujar Wibowo.

Menurut dia, proses penentuan pengganti Susno harus divalidasi terlebih dahulu dan juga memastikan kesiapan masing-masing bacaleg termasuk kelengkapan berkas. Hal itu ujar Wibowo, untuk menghindari adanya ketidaklengkapan berkas yang disyaratkan KPU dalam proses administrasi.

"Kandidatnya ada dari internal partai dan keluarga beliau (Susno)," katanya.

Sebelumnya, Wibowo menyatakan ada sepuluh nama dari internal partai dan keluarga Susno yang dipersiapkan untuk mengganti mantan Kabareskrim Mabes Polri sebagai bacaleg dari Dapil Jawa Barat 1 nomor urut 1.

Bakal calon anggota DPR dari PBB, Susno Duadji, tidak lolos verifikasi administrasi berdasarkan pengumuman KPU di Jakarta, Selasa (7/5).

Dalam Peraturan KPU Nomor 13 Tahun 2013, sebagai perubahan atas PKPU Nomor 7 Tahun 2013 tentang Pencalonan Anggota DPR, DPD, dan DPRD, disebutkan bahwa surat pencalonan dan daftar bakal calon dibuktikan dengan surat pernyataan tidak pernah dijatuhi pidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang berkekuatan hukum tetap.

Pewarta: Imam Budilaksono
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2013