Selasa, 2 September 2014

Jambore Nasional Penyuluh Kehutanan Tahun 2013

Selasa, 14 Mei 2013 19:52 WIB | 1.895 Views
     Jakarta, 14/5 (ANTARA) - Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Kehutanan Kementerian Kehutanan mengadakan Jambore Nasional Penyuluh Kehutanan Tahun 2013 pada tanggal 15 sampai dengan 18 Mei 2013 di Desa Hargo Binangun, Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta dengan tema ”Menuju Penyuluh Kehutanan yang Kompeten dan Profesional.

     Jambore Penyuluh Kehutanan diadakan dengan maksud untuk memfasilitasi pertemuan serta unjuk kemampuan dan kreativitas para Penyuluh Kehutanan dari berbagai unsur, yaitu Penyuluh Kehutanan PNS, Penyuluh Kehutanan Swadaya Masyarakat (PKSM), dan Penyuluh Kehutanan Swasta (PKS).

     Jambore ini diadakan dengan tujuan membangun jiwa korsa Penyuluh Kehutanan; membangun jejaring kerja (networking) sesama penyuluh dalam pelaksanaan penyuluhan kehutanan; sharing informasi dan tukar pengalaman antar para penyuluh; meningkatkan kapasitas Penyuluh Kehutanan (wawasan, kreativitas, motivasi dan kinerja); serta membangun kemitraan dan sinergitas antara penyuluh dalam pelaksanaan penyuluhan kehutanan. Jambore dibuka secara resmi oleh Menteri Koordinator Perekonomian RI, selaku Ketua Badan Koordinasi Nasional Penyuluhan Pertanian, Perikanan dan Kelautan, Kehutanan; serta dihadiri oleh Menteri Kehutanan, Menteri Pertanian dan Menteri Perikanan dan Kelautan.  

     Peserta jambore kurang lebih 1.250 orang dari seluruh Indonesia, yang terdiri dari unsur Penyuluh Kehutanan PNS, Penyuluh Kehutanan Swadaya Masyarakat (PKSM), Penyuluh Kehutanan Swasta, Pengurus Ikatan Penyuluh Kehutanan Indonesia (IPKINDO), Pengurus Himpunan Pelestari Hutan Andalan (HPHA), Kelompok Tani Hutan dan para Peneliti lingkup Badan Penelitian dan Pengembangan Kehutanan (Litbang Kehutanan), serta Widyaiswara.

     Untuk meningkatkan kinerja Penyuluh Kehutanan, pada Jambore ini juga akan diberikan penghargaan kepada Penyuluh Kehutanan yang berprestasi dalam beberapa Lomba, antara lain Karya Tulis Inovasi Baru/Teknologi Tepat Guna, Seri foto Hasil Penyuluh Kehutanan, dan Lomba Cipta Lagu Mars Penyuluh Kehutanan.

     Untuk keterangan lebih lanjut, silakan menghubungi Ir. Erna Rosdiana, M.Si, Kepala Bidang Pemberitaan dan Publikasi, Kementerian Kehutanan

COPYRIGHT © 2013

Komentar Pembaca