Jakarta (ANTARA News) - Aktor Leonardo DiCaprio dan sutradara Baz Luhrmann dijadwalkan hadir pada Festival Film Cannes karena film terbaru mreka "The Great Gatsby" menjadi film pembuka festival ini.

Film yang diangkat dari novel karya F Scott Fitzgerald itu menuai kritik dan pujian, meski DiCaprio dielu-elukan berkat kepiawaiannya memainkan Jay Gatsby. Film ini juga menampilkan Tobey Maguire dan aktris Inggris Carrey Mulligan.

Luhrmann kembali bekerjasama dengan DiCaprio dalam film ini setelah sebelumnya bersama dalam film "Romeo and Juliet" pada 1996.

Sang pemeran utama, DiCaprio, mengaku telah membaca buku karya Fitzgerald saat duduk di bangku sekolah menengah pertama. Hanya saja, ia mengaku "tidak begitu nyambung" dengan buku itu kala itu, tulis BBC.

Tahun ini, 20 film ikut berkompetisi memperebutkan penghargaan pada festival tahunan bergengsi itu.

Film yang turut dalam kompetisi antara lain "Behind The Candelabra" dari Steven Soderbergh, Nicolas Winding Refn dengan "Only God Forgives", "Nebraska" karya Alexander Payne, dan film vampir yang menampilkan Tilda Swinton, "Only Lovers Left Alive" dari Jim Jarmusch.

Dewan Juri yang akan memberikan Palme d'Or sebagai penghargaan tertinggi Cannes dikepalai oleh sutradara Steven Spielberg. Turut membantu Spielberg, aktris Nicole Kidman dan aktor Christoph Waltz.

Tahun lalu, lebih dari 4.600 film dipamerkan dalam 10 hari, kebanyakan dari Asia.  Festival Film Cannes 2013 berlangsung mulai 15-26 Mei 2013.

Penerjemah: Natisha Andarningtyas
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2013