... Winston mendapatkan berlian paling sempurna... "
Jenewa (ANTARA News) - Satu berlian berbentuk buah pir, bening tanpa warna dan terbesar yang pernah ditawarkan dalam lelang, laku terjual dan memecahkan rekor harga mendekati 27 juta dolar Amerika Serikat dalam pelelangan di Jenewa.

Berlian itu merupakan bagian dari sejumlah perhiasan yaitu mutiara dan safir yang dilelang, kata juru lelang dari Christie.

Berlian dengan karat 101,73 itu menjadi warisan Winston; pusat perhatian dalam lelang perhiasan-perhiasan indah, dibeli perusahaan arloji dan perhiasan Harry Winston seharga 25,9 juta Franc Swiss atau mendekati 26,7 juta dolar, Rabu.

"Harry Winston mendapatkan berlian paling sempurna yang pernah ditawarkan dalam pelelangan," kata Rahul Kadakia, kepala bagian perhiasan balai lelang Christie Switzerland dan Kadakia.

Pelelangan itu mencapai rekor dengan menghasilkan penjualan keseluruhan sebesar 102 juta dolar dengan 257 undian, menunjukkan bahwa hasrat terhadap perhiasan masih tetap tidak berkurang.

"Harga dunia untuk satu set berlian, mutiara dan safir telah memegang rekor dunia, mengukuhkan hasrat pada batu permata dan perhiasan yang bagus," kata Kadakia.

Pada Selasa, seperangkat perhiasan andting mutiara alami milik aktris Italia Gina Lolobrigida juga memecahkan rekor, laku terjual dengan harga 2,37 juta dalam lelang di Sotheby's.

(M007/H-AK)

Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2013