Selain itu juga dilakukan edukasi mengenai hal negatif yang ada di Internet dengan menanamkan kepada anak perilaku positif dan rasa tanggungjawab terhadap aktivitas yang dilakukannya di media Internet."
Padang (ANTARA News) - PT Telkomsel Tbk melakukan edukasi tentang pemanfaatan Internet sehat dan aman pada siswa Sekolah Dasar (SD) Kalam Kudus Kota Padang, Sumatera Barat.

"Para siswa ini mendapatkan edukasi yang menarik tentang komunikasi dari masa ke masa, serta bagaimana penggunaan Internet yang sehat dan aman untuk usia mereka," kata Head of Corporate Communication Sumatera Division Telkomsel Hadi Sucipto di Padang, Jumat.

Menurut dia, acara ini merupakan bagian dari program Telkomsel School Community yang memberikan manfaat lebih dari sekedar telekomunikasi bagi siswa sekolah yang tergabung dalam komunitas tersebut.

"Telkomsel memandang penting bagi siswa untuk memanfaatkan teknologi yang mendukung aktivitas harian mereka," kata dia.

Berdasarkan data sekitar 64 persen pengguna Internet di seluruh Indonesia merupakan kalangan pelajar. Oleh karena itu Telkomsel terus memberikan edukasi kepada pelajar tentang Internet sehat dan aman.

"Internet itu tidak hanya sosial media saja. Banyak manfaat lain yang bisa diambil dari Internet secara positif, seperti untuk menggali informasi akan ilmu-ilmu baru bahkan juga bisa menjadi penunjang belajar di sekolah," jelas Hadi Sucipto.

Dia mengatakan, siswa SD saat ini sering terlihat menggunakan gadget yang tergolong canggih dan bisa internetan. Untuk itu dirasakan perlu pembekalan bagi mereka bahwa ponsel yang digunakan tersebut bisa dimanfaatkan untuk menunjang edukasi belajar mereka.

"Tentunya pembekalan edukasi yang kami lakukan terkait manfaat Internet bagi pendidikan, termasuk menanamkan nilai-nilai positif dalam memaksimalkan gadget yang mereka gunakan," kata dia.

Menurut dia, untuk mencegah dan membentengi Internet bagi siswa hal-hal negatif hampir tidak bisa. Yang bisa dilakukan adalah membentengi anak tersebut dengan mental dan jiwa yang positif.

"Pembekalan edukasi yang dilakukan Telkomsel terkait manfaat Internet bagi pendidikan termasuk menanamkan nilai-nilai positif dalam memaksimalkan Internet melalui handpone maupun gadget lainnya," ungkap dia.

PT Telkomsel terus berupaya melakukan sosialisasi pemanfaatan Internet sehat dan aman melalui berbagai cara kepada siswa, tambah Hadi Sucipto salah satunya dengan melibatkan siswa-siswi melihat langsung dapur Telkomsel, sekaligus memberikan pembekalan pengetahunan tentang konten apa saja bisa dimanfaatkan para siswa dalam aktifitas mereka di Internet melalui handpone maupun gadget atau iPod.

"Memanfaatkan berbagai teknologi melalui handpone atau gadget yang dimiliki siswa dan tidak harus mahal, karena Telkomsel memiliki berbagai paket pilihan murah sesuai kebutuhan pelanggan didukung layanan luas dan berkualitas," ujar dia.

Hadi Sucipto berharap dengan kegiatan ini pengenalan tentang Internet dan manfaat apa saja yang bisa diperoleh dapat diberikan sejak dini. "Selain itu juga dilakukan edukasi mengenai hal negatif yang ada di Internet dengan menanamkan kepada anak perilaku positif dan rasa tanggungjawab terhadap aktivitas yang dilakukannya di media Internet," kata dia. (*)

Pewarta: Derizon Yazid
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2013