Kegiatan ini merupakan satu rangkaian dengan acara Ruwat Rawat Borobudur, kegiatan ini bertujuan untuk melestarikan dan mengembangkan kesenian Topeng ireng,"
Magelang (ANTARA News) - Sebanyak 13 kelompok kesenian topeng ireng di Kabupaten Magelang mengikuti Festival Topeng Ireng 2013 di Halaman Parkir Taman Wisata Candi Borobudur.

Ketua Panitia Festival Topeng Ireng (FTI) 2013, Sucoro, di Magelang, Selasa malam, mengatakan, FTI baru pertama kali digelar di Magelang.

"Kegiatan ini merupakan satu rangkaian dengan acara Ruwat Rawat Borobudur, kegiatan ini bertujuan untuk melestarikan dan mengembangkan kesenian Topeng ireng," katanya.

Ia mengatakan, sebenarnya minat grup kesenian topeng ireng untuk ikut festival ini cukup besar. Semula ada 39 pendaftar, kemudian diseleksi tinggal 18 grup dan setelah disaring lagi tinggal 13 kelompok yang bisa tampil pada festival ini.

Ia menuturkan dari 13 grup topeng ireng tersebut di bagi menjadi tiga kelompok yang tampil selama tiga malam di Halaman Parkir Candi Borobudur.

Kelompok topeng ireng yang tampil pada Selasa malam, yakni "Topeng Purba" dari Kurahan, Cawangsari, Borobudur, "Jagad Kawedar" dari Gelap, Podosuko, Sawangan, "Panji Wiroreno" dari Sidomulyo, Gulon, Salam, dan "Ki Kalang Kawedar" dari Sikepan, Bringin, Srumbung.

Pada Rabu (22/5) malam akan tampil grup topeng ireng "Genta Rimba dari Ngampel, Pandanretno, Srumbung, "Dewa Rimba" dari Bandungrejo Ngablak, "Satria Rimba dari Gatak, Plosogede Ngluwar, "Kidung Kawedar" dari Gejagan Sriwedari, Muntilan.

Kemudian Kamis (23/5) malam akan tampil "Putra Seni Rimba" dari Kerban, Sumberarum, Tempuran, "Mutiara Rimba" dari Secang Krajan, Secang. "Jimat Kalimosodo dari Bawangan, Kepuhan, Sawangan "Bina Muda" dari Soko, Ngargosoko, srumbung, "Seto Aji Kumitir" dari Kepil, Krinjing, Dukun.

"Juri pada festival ini dari ISI Yogyakarta, ISI Surakarta, ISI Yogyakarta, dan PT Taman Wisata Candi Borobudur. Festival ini akan memilih tiga kelompok untuk mendapatkan uang pembinaan," katanya.

Pewarta: Heru Suyitno
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013