Cape Town (ANTARA News) - Emmanuel Adebayor secara mengejutkan dimasukkan dalam tim nasional Togo untuk pertandingan kualifikasi Piala Dunia bulan depan, meski ia tidak diikutsertakan pada satu pertandingan di bulan Maret.

Namanya termasuk dalam tim berisi 23 pemain yang dirilis oleh Federasi Sepak Bola Togo pada Sabtu, lapor Reuters.

Penyerang Tottenham Hotspur itu tidak masuk tim saat Togo kalah dari Kamerun, menyusul perselisihan publik dengan pelatih Didier Six setelah putaran final Piala Afrika pada awal tahun.

Adebayor mengkritik pekerjaan mantan pemain internasional Prancis itu meski Togo mencetak rekor baru dengan mencapai perempat final untuk pertama kalinya sejak gagal dalam tujuh kali percobaan.

Penyerang bertubuh tinggi itu dipanggil untuk pertandingan Grup I di Yaounde namun ia tidak hadir, yang sebagian besar disebabkan karena keraguan sang pelatih terhadap komitmen Adebayor untuk negaranya, yang kemudian membuat Six mencoretnya untuk tim Piala Afrika.

Belakangan ia dicoret oleh presiden Federasi Sepak Bola Togo.

Tanpa pengaruh Adebayor, Togo kalah dari Kamerun namun akan kembali bertanding menghadapi lawan yang sama di Lome pada 9 Juni sebelum melawan Libia lima hari kemudian.

Togo menghuni dasar klasemen dengan hanya perolehan satu angka, saat kualifikasi sudah berlangsung setengah jalan. (RF/I015)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2013