Indonesia Cloud of Knowledge" merupakan tahap kedua program yang sudah dijalankan Telkom untuk memajukan dunia pendidikan di Indonesia,"
Jakarta (ANTARA News) - Setelah sukses menjalankan program Indonesia Digital School (IndiSchool), PT Telekomunikasi Indonesia Tkb (Telkom) mulai Juni 2013 akan menggelar "Indonesia Cloud of Knowledge", program "education cloud" atau konten pendidikan berbasis cloud yang terbuka untuk publik.

"Indonesia Cloud of Knowledge" merupakan tahap kedua program yang sudah dijalankan Telkom untuk memajukan dunia pendidikan di Indonesia," kata Direktur Utama Telkom Arief Yahya, di Jakarta, Minggu.

Menurut Arief, Telkom terus meningkatkan komitmennya, melalui berbagai produk, layanan maupun program yang khusus dirancang untuk memajukan dunia pendidikan.

"Pada tahun 2015 Indonesia Cloud of Knowledge ditargetkan sudah memiliki sekitar 1.000 konten pendidikan," ujar Arief.

Sementara itu, Direktur Enterprise & Wholesale Telkom Muhammad Awaluddin mengatakan, "Indonesia Cloud of Knowledge" merupakan tahap kedua dari program yang sudah dijalankan sebelumnya, pengembangan layanan Indonesia Digital School (IndiSchool).

IndiSchool merupakan aksi Telkom menyediakan akses WiFi dan sosialisasi serta pengenalan internet kepada komunitas pendidikan.

Pada tahun 2013 ditargetkan sekitar 100.000 sekolah di seluruh Indonesia terkoneksi jaringan internet WiFI, sementara hingga Mei 2013 Telkom sudah menggelar 10.898 titik WiFi.

Menurut Awaluddin, dari 10.898 titik WiFi tersebut sebanyak 6.200 atau 57 persen diantaranya terpasang di sekolah-sekolah di wilayah DKI Jakarta.

Ia menjelaskan, populasi pengguna IndiSchool secara nasional tumbuh sebesar 89 persen pada Mei 2013 dibandingkan sampai dengan April 2013.

Rata-rata pertumbuhan akses pengguna IndiSchool sampai dengan April 2013 adalah 87 persen, sementara total hit dari pengguna IndiSchool sampai dengan Mei 2013 adalah sebanyak 2,67 juta hit sehingga diestimasikan akan tumbuh 112 persen pada akhir Mei 2013.

Sementara dilihat dari sisi volume, rata-rata pengguna IndiSchool per hari pada Mei 2013 adalah 3.875Gb, tumbuh 242 persen dari total volume yang dikonsumsi per hari pada bulan April 2013 sebanyak 1.133Gb.

Awaluddin menjelaskan strategi Telkom mengembangkan IndiSchool melalui 3C yakni Connectivity, Content, dan Community.

Konektivitas yang merupakan tahap pertama melalui IndiSchool ditargetkan terpasang infrastruktur WiFi di 300.000 sekolah seluruh Indonesia sampai dengan tahun 2015.

Adapun pada tahap ketiga, Telkom akan menggelar "IndiSchool Smart Communities", dengan membangun semacam super portal yang mengkonsolidasikan seluruh aktivitas pengguna IndiSchool di seluruh Indonesia.

"Kami menargetkan pada 2015 komunitas pengguna IndiSchool sudah mencapai 1 juta anggota," ujar Awaluddin.

Diharapkannya, jika tiga tahapan tersebut yaitu konektivitas, konten, dan komunitas dijalankan, diharapkan proses kapitalisasi atau monetizing dari IndiSchool dapat berjalan maksimal.

Selain menyediakan akses WiFi untuk sekolah, Telkom juga tengah membangun infrastruktur WiFi di lokasi publik lainnya dalam program Indonesia Wifi (WiFi@id).
(R017)

Pewarta: Royke Sinaga
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013