Pihak China terbuka dan aktif membahas terhadap semua kemungkinan solusi politik yang dapat diterima oleh semua pihak di Suriah,"
Berlin (ANTARA News) - Perdana Menteri China Li Keqiang Ahad mengatakan bahwa China terbuka untuk setiap solusi guna menyelesaikan konflik di Suriah yang diterima oleh semua pihak dalam kerusuhan berdarah itu.

Berbicara pada konferensi pers bersama dengan Kanselir Jerman Angela Merkel, Li merujuk kepada konferensi perdamaian di Jenewa mengenai Suriah yang telah diusulkan oleh Amerika Serikat dan Rusia.

"Pihak China terbuka dan aktif membahas terhadap semua kemungkinan solusi politik yang dapat diterima oleh semua pihak di Suriah," kata Li, yang berbicara melalui seorang penerjemah.

Dia mengatakan situasi di Suriah, di mana perang telah menewaskan lebih dari 90.000 orang, adalah saat yang "sangat kompleks dan juga serius. Situasi ini mengkhawatirkan."

China meyakini bahwa masyarakat internasional harus bersama-sama memainkan "peran aktif dan konstruktif" dalam mencari solusi untuk Suriah, kata Li, pada tiga hari kunjungannya ke Jerman.

Menteri Luar Negeri Suriah mengatakan pada Minggu bahwa pemerintahnya akan mengambil bagian dalam konferensi perdamaian di Jenewa, dan memandang itu "kesempatan yang baik untuk solusi politik" bagi perang saudara di negaranya.

(H-AK)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013