...kami diperintahkan oleh Irjen Pol Djoko Susilo...
Jakarta (ANTARA News) - Mantan Kepala Korps Lalu Lintas Irjen Pol Djoko Susilo terdakwa kasus korupsi pengadaan simulator uji pengemudi roda dua dan roda empat tahun anggaran 2011 disebut memberikan Rp4 miliar untuk sejumlah anggota badan anggaran (banggar) DPR.

"Sesuai pernyataan Nazaruddin, kami diperintahkan oleh Irjen Pol Djoko Susilo untuk serahkan dana kepada beberapa anggota dewan," kata Ajun Komisaris Besar Teddy Rusmawan yang menjadi saksi dalam sidang di pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta.

Teddy merupakan ketua pengadaan simulator R2 dan R4 yang total anggarannya mencapai Rp198,7 miliar.

"Pemberian itu terkait ada penawaran Nazar untuk memberi bantuan akan ada anggaran diturunkan Rp600 miliar, Nazar mengatakan akan masuk anggaran pendidikan sehingga bisa dimasukkan ke kepolisian di bagian pendidikan, kami mengusulkan masuk ke Ditlantas," ungkap Teddy.

Ia mengaku mengantarkan uang itu untuk mantan bendahara umum Partai Demokrat Muhammad Nazaruddin, anggota Komisi III dari Fraksi Partai Golkar Bambang Soesatyo, anggota Komisi III dari Fraksi PDI-Perjuangan Herman Heri, Wakil Ketua Komisi III dari fraksi Golkar Azis Syamsudin, serta anggota DPR Komisi III dari fraksi Partai Gerindra Desmond Mahesa.

Teddy awalnya tidak mengungkapkan jumlah uang yang diberikan kepada anggota banggar tersebut.

"Jumlahnya belum pasti, tapi ada kardusnya saja, ada empat kardus diantarkan ke kelompok banggar," tambah Teddy.

Namun saat didesak ketua majelis hakim Suhartoyo yang menanyakan bahwa dalam berkas acara pemeriksaan (BAP) Teddy mengatakan bahwa uang tersebut berjumlah Rp4 miliar.

"Di keterangan saudara jumlah 4 kerdus itu Rp4 miliar, apakah itu benar?," tanya Suhartoyo.

"Benar yang mengeluarkan uang adalah saya ... Rp4 miliar, ada kuitansinya Rp4 miliar," jawab Teddy, "Tidak hanya untuk simulator, ini untuk seluruh anggaran untuk kelompok banggar yang hadir Nazaruddin, Bambang Soesatyo, Azis Syamsuddin, Desmond, Herman."

Teddy mengaku memberikan uang itu di restoran di Plaza Senayan Jakarta.

"Di Plaza Senayan diterima oleh, supir dan ajudan, kami sudah BBM-an dulu, tadinya akan bertemu di restoran dekat bioskop, tapi karena penuh maka pindah ke bawah dekat parkiran, ada cafe, bapak-bapak Bambang Soesatyo dan Azis Syamsuddin sudah ada di situ," jelas Teddy.

Pewarta: Desca Lidya
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2013