Kamis, 18 September 2014

Pencarian rombongan DPRD Solok hilang dilanjutkan

Selasa, 28 Mei 2013 22:42 WIB | 2.526 Views
Pencarian rombongan DPRD Solok hilang dilanjutkan
ilustrasi Lahan hutan di kawasan Pasaman, Sumatera Barat. (ANTARA/Ismar Patrizki)
Padang (ANTARA News) - Pencarian rombongan napak tilas Ketua DPRD Kabupaten Solok yang dilaporkan hilang di kawasan Bukit Barisan Solok terus dilanjutkan Selasa malam, setelah sebelumnya direncanakan dilanjutkan besok pagi.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana dan Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Padang, Budi Erwanto, di Padang, Selasa, mengatakan, pencarian 21 orang yang belum ditemukan dilanjutkan, setelah ada koordinasi dengan pihak TNI dan juga sekretaris bersama (Sekber) pencinta alam.

"Pencarian rombongan yang masih dinyatakan hilang tersebut dilakukan oleh dua tim, dari titik atau posko yang ada saat ini di Lori, Air Dingi, Lubuk Minturun, Kecamatan Koto Tangah, Kota Padang," kata Budi.

Dia menambahkan, dua tim dari Batalyon 133 dan Sekber tersebut telah berangkat sekitar pukul 21.00 WIB, sebanyak 35 orang, untuk melanjutkan pencarian dimalam hari, dan diharapkan dapat segera sampai ke lokasi tempat diduga para rombongan berada.

Menurut BPBD dan Damkar Kota Padang, jarak dari lokasi posko saat ini dengan titik kemungkinan rombongan yang masih hilang tersebut ada sekitar tiga kilometer.

BPBD dan Damkar sempat menyatakan akan melanjutkan pencarian pada esok hari karena kendala malam hari dan medan yang cukup berat, namun setelah koordinasi akhirnya pencarian tersebut tetap dilanjutkan.

Sebelumnya, 19 orang anggota rombongan napak tilas ketua DPRD Kabupaten Solok, telah ditemukan pada Selasa, sekitar pukul 10.30 WIB dan tiba di posko pencarian di kawasan Lalang Pasa Lalang, Belimbing Kecamatan Kuranji Kota Padang pukul 12.00 WIB dalam keadaan selamat, di kawasan Aia Dingin, Lubuk Minturun Kecamatan Koto Tangah Kota Padang.

19 orang rombongan yang telah ditemukan di posko pencarian di daerah Pasa Lalang Belimbing Kecamatan Kuranji Kota Padang adalah : Rusdi, Kiri, Edison, Met, Anton, Nazar, Cion, Ajo, Bujang, Mus, Et, Ahmad, Naf, Zalman, Chandra, Zul, If, Mulyadi, dan Mai, sementara, hingga saat ini terdapat 21 orang lain yang belum ditemukan termasuk ketua DPRD Syafri Datuak Siri Marajo.

Rombongan tersebut sebelumnya, berangkat sebanyak 40 orang, yang tengah melakukan napak tilas dari Solok menuju Padang dilaporkan hilang di kawasan Bukit Barisan Kabupaten Solok.

"Seharusnya, rombongan yang berangkat dari Nagari Koto Sani, Kecamatan X Koto Singkarak, Kabupaten Solok pada Sabtu (25/5) telah sampai di Padang pada Minggu (26/5), namun hingga saat ini belum ada satu pun rombongan yang sampai," kata Bupati Solok Syamsu Rahim di Padang, Selasa.

Ia mengatakan, rombongan napak tilas terdiri atas Ketua DPRD Solok Syafri Datuak Syiri Marajo, beberapa anggota DPRD, staf Dinas Kehutanan dan sejumlah warga setempat.(*)


Editor: Ruslan Burhani

COPYRIGHT © 2013

Komentar Pembaca
Baca Juga