Rabu, 26 November 2014

Ini tiga strategi PKS gaet pemilih pemula

| 3.171 Views
id pemilu 2014, pemilih pemula, PKS, Mardani Ali Sera, media sosial
Ini tiga strategi PKS gaet pemilih pemula
Partai Keadilan Sejahtera (ANTARANews)
Penggunaan media sosial itu juga untuk memberitahukan kepada jejaring partai jika ingin berkumpul"
Jakarta (ANTARA News) - Kepala Bidang Humas Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Mardani Ali Sera mengatakan partainya menyiapkan tiga strategi menggaet pemilih pemula dalam Pemilihan Umum 2014 yang bersama perempuan menjadi target utama PKS.

"Pertama membuat struktur partai yang berkaitan dengan pemilih pemula dan perempuan," kata Mardani kepada Antara di Jakarta, Rabu.

Untuk soal ini, partainya sudah mempersiapkan organisasi sayap bersifat kepemudaan di bawah PKS, dari tingkat nasional hingga daerah.

Strategi kedua, memanfaatkan media sosial seperti Facebook dan Twitter untuk memberikan informasi kegiatan dan kampanye PKS karena media ini sangat efektif dengan penggunanya kini masing-masing 80 juta dan 20 juta orang.

"Misalnya ketika kami mengumumkan lomba jingle PKS dan lomba narasi pemuda tentang PKS, melalui Facebook dan Twitter. Penggunaan media sosial itu juga untuk memberitahukan kepada jejaring partai jika ingin berkumpul," katanya.

PKS juga akan menggunakan brand ambassador dengan sudah menargetkan untuk merekrut Fatin (pemenang X Factor Indonesia) dan Afgan (penyanyi) guna menjadi brand ambassador salah satu organisasi sayap kepemudaan PKS.

"Kami maunya seperti Fatin dan Afgan yang saat ini sedang kami dekatkan. Namun belum ketemu karena jangan sampai merusak reputasi mereka, dan nanti mereka akan menjadi `brand ambassador dari organisasi sayap kepemudaan kami," ujarnya.

Dia mengatakan syarat brand ambassador PKS adalah pemuda dan pemudi yang bertipikal baik, berprestasi, dan tidak narkoba.

Berdasarkan data Komisi Pemilihan Umum pada Pemilu 2004, jumlah pemilih pemula sekitar 27 juta dari 147 juta pemilih, sedangkan pada Pemilu 2009 sekitar 36 juta pemilih pemula dari 171 juta pemilih.

Data Badan Pusat Statistik tahun 2010 penduduk Indonesia usia 15-19 tahun adalah 20.871.086 orang, dan usia 20-24 tahun 19.878.417 orang sehingga total pemilih muda pada 2014 sebanyak 40.749.503 orang.

Editor: Jafar M Sidik

COPYRIGHT © ANTARA 2013

Komentar Pembaca
Baca Juga