Simpang Ampek, Sumbar (ANTARA News) - Badan Pusat Statistik Kabupaten Pasaman Barat, Sumbar hampir merampungkan sensus pertanian 2013 yang dilaksanakan satu bulan terakhir.

"Pendataan di lapangan sudah berlangsung sejak 1 Mei lalu. Saat ini tinggal finishing saja untuk merekap data yang telah dikumpulkan," kata Kepala BPS Pasaman Barat, Chardiman di Simpang Ampek, Rabu.

Dia mengatakan pelaksaan sensus pertanian bisa berjalan lancar. Masyarakat sangat menyambut baik dengan adanya pendataan itu oleh petugas yang telah ditunjuk.

"Meskipun ada sebagian warga yang ragu memberikan data namun dengan penjelasan lengkap dari petugas akhirnya kesulitan itu bisa teratasi," kata dia.

 Dia menjelaskan sensus pertanian dilakukan dua tahap. Tahap pertama dilakukan pendataan seluruh masyarakat baik yang petani maupun non petani. Tahap kedua didata khusus rumah tangga pertanian.

Dia menjelaskan dari data sementara yang terkumpul mata pencarian masyarakat Pasaman Barat dominan perkebunan disusul dengan tanaman pangan.

Lebih jauh dia katakan sensus pertanian di Pasaman Barat dilakukan oleh 432 orang petugas ditingkat nagari atau jorong (desa adat).Sebanyak 108 orang sebagai koordinator dan pencacah sebanyak 324 orang.

Pewarta: Altas Maulana
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2013