Rabu, 20 Agustus 2014

Harga jengkol naik 400 persen

Jumat, 31 Mei 2013 18:43 WIB | 5.542 Views
Harga jengkol naik 400 persen
Ilustrasi. (FOTO ANTARA/Lucky.R)
Cianjur (ANTARA News)- Harga jengkol dan berbagai  jenis sayur mayur di Pasar Induk Cianjur (PIC) Jawa Barat sejak satu sepekan terakhir terus naik. 

Para pedagang menduga kenaikan harga tersebut karena turut campur spekulan dalam memainkan harga sehingga setiap sore harga beli sejumlah sayur mayur terus meningkat.

"Jengkol harganya kini naik drastis dari Rp10 ribu perkilogram menjadi Rp50 ribu perkilogram," kata Usman salah seorang pedagang di PIC, Jumat..

Usman mengatakan sejak satu pekan terakhir jengkol  kosong di pasaran.

Kenaikan harga sayur mayur lainnya adalah  cabe merah dari Rp18 ribu/kilogram menjadi Rp28 ribu/kilogram. Tomat  dari Rp8 ribu/kilogram menjadi Rp10 ribu/kilogram.

"Kami menduga kuat naiknya harga karena adanya permainan para spekulan, menjelang rencana pemerintah akan menaikan BBM,"  kata Usman.

Hal tersebut, dibenarkan pula sejumlah pedagang dan pemasok sayur mayur di Kecamatan Cipanas. Mereka mengaku sulit memenuhi pesanan pelaggan karena kosongnya sejumlah sayuran.

"Salah satunya jengkol, sudah satu pekan ini kami tidak mendapat pasokan, sekalipun ada harganya melambung hingga Rp50 ribu/kilogram," kata Tisna (28) salah seorang pedagang di Pasar Cipanas Indah.

Editor: Tasrief Tarmizi

COPYRIGHT © 2013

Komentar Pembaca
Baca Juga