Selasa, 2 September 2014

Festival Siti Nurbaya mulai digelar

Jumat, 31 Mei 2013 20:02 WIB | 2.732 Views
Padang (ANTARA News) - Dinas Kebudayaan Sumatera Barat membuka secara resmi Festival Siti Nurbaya III Kota Padang yang berlangsung 31 Mei hingga 8 Juni 2013.

Kepala Dinas Kebudayaan Sumatera Barat (Sumbar), Burhasman Bur, di Padang, Jumat, mengatakan pelaksanaan Festival Siti Nurbaya yang menjadi program tahunan pemerintah Kota (Pemkot) Padang patut didukung, karena banyak nilai budaya yang dapat digali dan dikaji kembali oleh masyarakat di daerah ini.

"Festival Siti Nurbaya juga merupakan bagian dan rangkaian dari pengembangan pariwisata di Sumatera Barat sebab pada saat yang bersamaan di provinsi ini juga dilaksanakan Tour de Singkarak (TDS) di Kota Bukitinggi," kata Burhasman.

Dia menambahkan, dengan festival dan kegiatan yang hampir bersamaan di provinsi ini, tentu harapannya jumlah kunjungan wisatawan akan terus meningkat, dan pertumbuhan ekonomi di Sumbar akan ikut berkembang.

Festival Siti Nurbaya III tersebut, menurut pihak panitia akan sedikit berbeda dari tahun sebelumnya, di mana pada 2012 lebih pada membangkitkan dan mengenalkan kembali kuliner lokal, sedangkan untuk 2013 lebih pada menggali kembali kesenian lokal Minangkabau, seperti tarian, ataupun musik-musik tradisionalnya.

Festival Siti Nurbaya dilakukan agar sebagian penonton balap sepeda TDS 2013, juga bisa sekaligus menyempatkan diri melihat berbagai atraksi budaya yang ditampilkan dalam festival tersebut.

Pembukaan festifal tersebut selain dihadiri oleh Kepala Dinas Kebudayaan Sumbar juga dihadiri Wakil Menteri Kebudayaan Roseno Arya, Wali Kota Padang Fauzi Bahar, Wakil Wali Kota Padang Mahyeldi Ansyarullah, dan juga Ketua Panitia sekaligus Kepala Dinas Pariwisata Kota Padang Ali Basar.

Dalam pembukaan festival tersebut, juga ditampilkan parade keunikan budaya masing-masing kecamatan yang ada di Kota Padang, dimana 11 kecamatan yang ada menampilkan atraksi kesenian di daerah mereka masing-masing.

"Pelaksanaan festival ini diharapkan juga dapat meningkatkan kesadaran akan pentingnya budaya serta kesenian Minangkabau, oleh masyarakat, sehingga perlu dukungan semua pihak untuk menyukseskannya," kata Ali.

Editor: Ella Syafputri

COPYRIGHT © 2013

Komentar Pembaca
Baca Juga