Petenis asal Spanyol itu seperti mesin diesel yang membutuhkan waktu untuk memanaskan dirinya.
Jakarta (ANTARA News) - Juara bertahan, Rafael (Rafa) Nadal berhasil melaju ke putaran ketiga turnamen Prancis Terbuka, meskipun agak tersendat di set pembuka atas petenis Slovakia, Martin Klizan.

Petenis asal Spanyol itu seperti mesin diesel yang membutuhkan waktu untuk memanaskan dirinya. Rafa sempat kecolongan di set pertama lalu menyelesaikan pertandingan dalam empat set dengan 4-6, 6-3, 6-3, 6-3, di Paris, Jumat.

Pertandingan sebelumnya, Nadal juga mengalami kendala saat berhadapan dengan petenis Jerman, Daniel Brands, pada hari Senin. Juara Roma Masters ini juga menyelesaikan pertandingan putaran pertama dengan empat set.

Pada set pertama dalam kedudukan 3-3, Rafa membuat dua kali kesalahan servis ganda (double fault), dan memberikan lawannya dua break point. Nadal melakukan kesalahan pukulan forehand yang keluar dari garis belakang.

Klizan yang berperingkat 35 dunia, terlihat mengulang beberapa cara bermain petenis Jerman itu dengan melepaskan pukulan keras dari garis belakang (baseline) untuk mematahkan servis Rafa pada Game 8.

Rafa mendapatkan kembali kontrol dan dominasi permainannya di tiga set berikutnya. Demikian diberitakan Reuters.

"Saya memainkan pertandingan yang jarang dalam tiga hari, jadi saya memulai pertandingan tidak dengan intensitas yang benar dan keraguan ketimbang permainan biasanya," jelas Nadal mengenai permainannya di set pertama.

Hal positifnya, tambah Nadal, ia memiliki reaksi yang bagus pada permulaan set kedua, bermain sebagaimana saya bermain dengan intensitas yang baik. Demikian petikan wawancara yang dirilis situs rolandgarros.com.

(H-RF)

Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2013