Senin, 22 September 2014

Batik Madura diminati pasar luar negeri

Sabtu, 1 Juni 2013 15:15 WIB | 2.385 Views
Batik Madura diminati pasar luar negeri
Batik Madura (ANTARA/SAIFUL BAHRI)
Bangkalan (ANTARA News) - Produk-produk Pesona Batik Madura yang merupakan mitra binaan PT Semen Indonesia Tbk (SMGR) mampu memasarkan produknya ke pasar luar negeri di antaranya Jepang, Australia, Italia, Prancis, dan Thailand.

"Setelah bermitra dengan PT Semen Indonesia TBk, Pesona Batik Madura menunjukan perkembangan dan pertumbuhan usaha dengan omzet per bulan Rp300 juta dan mampu menyerap 400 orang pekerja," kata pemilik Pesona Batik Madura, Siti Maimonah, di Bangkalan Madura, Jawa Timur, Sabtu.

Menurut dia, saat ini penjualan batik Madura sebagian besar dipasarkan di Jakarta, Bali, Yogyakarta dan Surabaya dengan 6 outlet yang tersebar serta mempekerjakan 400 orang tenaga kerja.

"Selain itu, kami juga melakukan penjualan ke luar negeri contohnya, Jepang, Thailand, Australia dan Italia, dan sebagainya," jelas Maimonah.

Siti Maimonah mengatakan dirinya lahir sebagai generasi keempat dari keluarga pebatik Madura. Berawal dari hobinya membatik, Maimonah memiliki misi awal hanya ingin menghidupkan kembali batik Madura yang sudah mulai punah, dengan cara berinovasi dalam menciptakan motif-motif batik.

"Saya hanya meneruskan warisan dari orang tua saya dalam membatik dan awalnya cuma hobi, setelah itu saya mulai mencintai hobi saya membatik," ujarnya.

Editor: Ella Syafputri

COPYRIGHT © 2013

Komentar Pembaca
Baca Juga