Kami ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung kegiatan ini termasuk masyarakat Sumatra Barat,"
Bukittinggi (ANTARA News) - Gelaran balap sepada internasional Tour de Singkarak (TdS) 2013 yang menempuh jarak 1.057 km dan terbagi atas tujuh etape resmi dibuka di areal Monumen Jam Gadang Bukittinggi, Sumatra Barat, Sabtu malam.

Pembukaan kejuaraan yang sudah kelima kalinya digelar ini dilakukan langsung oleh Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sapta Nirwandar dan Gubernur Sumatra Barat Irwan Prayitno dengan memukul gendang tasa.

Selain itu dalam pemukulan gendang tasa juga dilakukan oleh Ketua Umum PB ISSI Edmoud JT Simorangkir, Ketua DPRD Sumatra Barat serta seluruh Bupati dan Walikota yang ada di Tanah Minang.

Setelah pemukukan gendang tasa, pembukaan kejuaraan internasional yang sudah masuh kalender UCI ini juga ditandai dengan pesta kembang api tepat diatas ikon Bukittinggi yaitu Jam Gadang.

Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sapta Nirwandar dalam sambutannya mengatakan, kejuaraan balap sepada internasional ini diikuti 21 tim yang terdiri dari 15 tim asing dan enam tim lokal.

"Kami ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung kegiatan ini termasuk masyarakat Sumatra Barat," kata Sapta Nirwandar dan sambut tepuk tangan masyarakat yang hadir dalam pembukaan.

Dalam pembukaan yang disaksikan ribuan masyarakat Sumatra Barat, hampir semua pebalap hadir. Mereka juga cukup antusias menyaksikan pembukaan yang juga menampilkan kesenia tradisional asli Bukittinggi itu.

Dengan dibukanya pelaksanaan Tour de Singkarak 2013 maka sesuai dengan rencana akan langsung dilakukan perlombaan etape pertama dari Bukittinggi menuju Bonjol Kabupaten Pasaman, Minggu (2/6) dengan jarak tempuh 104 kilometer. Adapun start akan dilakukan di depan Jam Gadang.

Tour de Singkarak 2013 akan menempuh jarak 1.057 kilometer yang terbagi atas tujuh etape dan akan melintasi 17 kabupaten/kota yang ada di Sumatra Barat. Kejuaraan dengan hadiah Rp1,2 miliar ini akan finis di Kota Padang, Minggu (9/6).

(ANT)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013