Yogyakarta (ANTARA News) - Tempat wisata edukasi yang telah menjadi ikon wisata di Kota Yogyakarta, Taman Pintar, segera menambah zona baru di kawasan wisatanya yaitu menghadirkan Zona Farmasi.

"Kami bekerja sama dengan Fakultas Farmasi Universitas Gadjah Mada (UGM) untuk menampilkan zona ini," kata Kepala Kantor Pengelola Taman Pintar Yunianto Dwi Sutono di Yogyakarta, Senin.

Menurut dia, zona tersebut akan melengkapi Zona Kesehatan yang terlebih dulu telah ada di Taman Pintar sehingga masyarakat dan pengunjung akan bisa memperoleh manfaat yang lebih lengkap dari keberadaan zona tersebut.

Nantinya, lanjut Yunianto, di zona baru tersebut akan ada pelayanan penyuluhan masyarakat seperti pengobatan herbal, pameran produk kefarmasian, laboratorium kimia farmasi mini, hingga konsultasi obat,

"Masyarakat dan pengunjung diharapkan memperoleh tambahan informasi dan pengetahuan mengenai obat-obatan sehingga bisa bersikap kritis dan bisa menentukan pengobatan terbaik untuk keluarganya," katanya.

Selain penambahan zona farmasi, untuk menyambut libur panjang sekolah, Taman Pintar juga akan menambah waktu layanan. "Jika biasanya setiap Senin kami libur untuk keperluan perawatan, maka selama libur panjang sekolah, kami akan buka sepanjang pekan," katanya.

Tambahan waktu layanan selama libur panjang sekolah tersebut akan dilakukan selama tiga pekan berturut-turut yaitu 17 Juni, 24 Juni dan 1 Juli.

Wahana baru yang ada di Taman Pintar Observatorium, juga bisa menjadi salah satu alternatif pengunjung untuk menambah pengetahuan mengenai benda-benda angkasa.

Di wahana tersebut telah disediakan fasilitas pengamanan berupa teleskop khusus untuk menangkap pergerakan benda-benda angkasa.

Informasi mengenai berbagai fenomena benda langit yang terjadi sepanjang 2013 juga bisa diperoleh masyarakat di Zona Astronomi Taman Pintar tepatnya di papan pengumuman di samping Observatorium, area Playground Taman Pintar.

Pewarta: Eka Arifa Rusqiyati
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2013