Selasa, 21 Oktober 2014

Kereta api Bandung-Cianjur akan dioperasikan lagi

| 2.708 Views
id kereta bandung cianjur, jalur bandung-cianjur
Kereta api Bandung-Cianjur akan dioperasikan lagi
Kereta Api siap berangkat di Stasiun Bandung, Jawa Barat. (FOTO ANTARA/Agus Bebeng)
Bandung (ANTARA News) - PT Kereta Api Indonesia Daop II Bandung akan mengoperasikan lagi kereta api ekonomi rute Bandung-Cianjur yang selama ini tidak bisa beroperasi karena masalah teknis.

"Rencananya dalam waktu dekat akan dilakukan uji coba jalur menggunakan lokomotif jenis CC, sebelumnya menggunakan lokomotif BB yang sudah uzur," kata Kepala Humas PTKA Daop II Bandung, Bambang Setya Prayitno, di Bandung, Selasa.

Dia tidak menyebutkan waktu uji coba maupun pengoperasian kembali kereta api ekonomi rute tersebut. Namun ia menyebut kemungkinan kereta itu tidak hanya melayani rute Cianjur-Ciroyom, tapi juga jalur menuju Pasar Induk Gedebage.

"Setelah uji coba lokomotif, selanjutnya akan dilakukan uji coba dengan rangkaian panjang. Saat ini masih ada kendala kelandaian jalur di kawasan Cipatat ada kelokan dan tanjakan. Namun secara umum cukup aman," katanya.

Ia menjelaskan, untuk mempersiapkan jalur Bandung-Cianjur saat ini Satuan Kerja dari Kementerian Perhubungan tengah melakukan perbaikan sistem persinyalan yang rusak di sejumlah titik.

Selain menuju daerah perdagangan, kereta api rute Bandung-Cianjur juga melewati Situs Gunung Padang, situs megalitikum tertua di Indonesia.


Editor: Maryati

COPYRIGHT © ANTARA 2013

Komentar Pembaca