Jambi (ANTARA News) - 20 sopir angkutan kota di Kabupaten Batanghari, Jambi, mengikuti uji kompetensi sopir teladan yang diselenggarakan Dinas Perhubungan setempat.

"Uji kompetensi ini dilaksanakan dimulai dari tingkat kabupaten hingga ke tingkat provinsi," kata Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Batanghari, F Hermanto, Selasa.

Uji kompentensi ini dilaksanakan selama empat hari untuk mencari sopir teladan tingkat nasional, terdiri dari dua hari pendalaman materi dan dua hari lagi ujian tertulis.

Jika ada peserta yang tidak mengikuti uji kompetensi satu hari saja maka mereka dinyatakan gagal, sementara hasil uji kompetensi akan diumumkan setelah para sopir angkot selesai melaksanakan uji kompentesi.

Para peserta akan mengikuti beberapa materi uji menyangkut lalu lintas, jasa raharja, organda dan bidang rambu-rambu lalulintas lainnya.

Dari 20 peserta yang ikut uji kompentesi akan diambil lima orang untuk selanjutnya mengikuti uji kompetensi tingkat Provinsi Jambi.

"Jika mereka lulus di tingkat provinsi, mereka akan mengikuti uji kompetensi tingkat nasional di Jakarta yang diikuti semua peserta seluruh Indonesia," ujarnya.

Pewarta: Bangun Santoso
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2013