Tidak ada di dalam UU Cukai yang mengatur tentang klausul adanya hubungan spesifikasi (hubungan afiliasi) sebagaimana dalam PMK ini,"
Jakarta (ANTARA News) - Anggota Komisi XI DPR RI, Nusron Wahid mendesak pemerintah untuk membatalkan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) No 78 Tahun 2013 tentang Penetapan Golongan dan Tarif Cukai Hasil Tembakau terhadap Pengusaha Pabrik Hasil Tembakau yang memiliki hubungan keterkaitan karena cacat hukum.

"Tidak ada di dalam UU Cukai yang mengatur tentang klausul adanya hubungan spesifikasi (hubungan afiliasi) sebagaimana dalam PMK ini," kata Nusron di Gedung MPR/DPR/DPD RI, Jakarta, Selasa.

Nusron mengungkapkan, pada poin (b) konsideran Menimbang, kata kuncinya adalah "dalam rangka mewujudkan iklim usaha industri hasil tembakau yang kondusif dan mengamankan penerimaan negara dari upaya penghindaran tarif cukai".

Menurut Nusron, pengaturan Undang-Undang yang mengatur kalimat tentang "iklim usaha yang kondusif" bukan di UU Cukai. Berarti kalau konsiderannya adalah dalam rangka menciptakan iklim usaha yang kondusif, adalah dalam rangka menciptakan usaha yang sehat dan kompetitif dan penghindaran dari praktik-praktik monopoli.

"Itu ketentuan di atasnya bukan UU Cukai tetapi UU No 5 tahun 1999 tentang Persaingan Usaha yang Sehat dan Praktek Anti Monopoli," terang politisi Partai Golkar ini.

Lebih lanjut dikatakannya, kalau Bea Cukai kemudian urus persaingan usaha, ini bukan domain Bea Cukai.

"Sudah pasti satu hal tidak bisa dilakukan. Belum lagi dampak sosialnya. Jadi, kebijakan ini batal dan tidak bisa dilakukan," kata Ketua GP Ansor ini.

Filosofi PMK 78 sebagaimana yang disebutkan, adalah dalam rangka upaya penetrasi market yang itu akan berdampak pada dominasi market dari pengusaha besar terhadap pengusaha kecil.

Kalau yang dimaksud dalam rangka ingin supaya pengusaha besar tidak masuk dominasi market, bukan ini jalan keluarnya.

"PMK ini sama saja membunuh pengusaha yang besar dan pengusaha yang kecil. Dua-duanya terbunuh," tegasnya. (*)

Pewarta: Zul Sikumbang
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013