Saat ini MPR RI bukan lagi lembaga tinggi negara, tapi lembaga negara. Tugas MPR RI mesosialisasikan Pancasila, UUD 1945. Karena itu hadirkan para caleg khususnya dari Partai Demokrat harus memahami Pancasila, langkah hidup dan cara tugas anggota dew
Jakarta (ANTARA News) - Calon anggota DPR RI dari Partai Demokrat harus memahami Pancasila dan UUD 1945, sehingga calon anggota DPR RI tidak hanya paham soal lobi-lobi semata.

Ketua Fraksi Partai Demokrat di MPR RI, Jafar Hafsah mengemukakan hal tersebut di Gedung MPR/DPR/DPD RI, Selasa,  dalam Seminar Nasional yang bertemakan "Demokrasi Pancasila dan Sistem Ketatanegaraan Pasca Amandemen Konstitusi".

"Saat ini MPR RI bukan lagi lembaga tinggi negara, tapi lembaga negara. Tugas MPR RI mesosialisasikan Pancasila, UUD 1945. Karena itu hadirkan para caleg khususnya dari Partai Demokrat harus memahami Pancasila, langkah hidup dan cara tugas anggota dewan," katanya.

Mantan Ketua Fraksi Partai Demokrat DPR RI juga meminta para caleg yang ingin menjadi dewan untuk menjaga etika dan norma-norma.

"Bilamana hal itu sudah dijalankan, katanya, masyarakat akan simpatik terhadap apa yang telah dilakukannya. Tentunya tidak hanya saat ini jadi caleg, melainlan setelah duduk menjadi anggota dewan juga harus diterapkan dengan baik," ujar mantan Dirjen Pangan Kementrian Pertanian tersebut.

Sminar tersebut juga dimaksudkan bertujuan agar para caleg yang hadir memahami arti pentingnya Pancasila.

"Sekarang ini pemahaman terhadap Pancasila begitu longgar. Pancasila dilupakan, seperti ditinggal. Jika Pancasila dan UUD 45 ini dipahami secara benar, tentunya tidak akan terjadi gesekan antar kelompok yang dapat memecah belah. persatuan bangsa," ujarnya.

Pewarta: Zul Sikumbang
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013