Sukabumi (ANTARA News) - Dinas Kesehatan Kota Sukabumi memberikan sertifikat kepada balita yang sudah mendapatkan imunisasi lengkap, kata Wakil Supervisor Pengelola Program Imunisasi Kota Sukabumi, Indra Permana. 

"Tujuan memberikan sertifikat itu untuk mengetahui jumlah balita yang sudah menyelesaikan imunisasinya," katanya di Sukabumi, Rabu.

Ia mengatakan, lima tahap imunisasi sangat penting untuk memberikan daya tahan tubuh kepada balita agar pertumbuhannya sempurna dan tidak mudah terserang penyakit.

Menurut dia, sertirfikasi ini merupakan progam untuk mendorong para orang tua memberikan imunisasi kepada anaknya secara rutin baik di rumah sakit maupun puskesmas.

"Hingga saat ini kami sudah menyerahkan 7.141 sertifikat kepada balita yang sudah lengkap imunisasinya," katanya.

Untuk memperkuat daya tahan tubuh balita dan mempercepat pertumbuhan tulang, otak dan organ tubuh lainnya, setiap balita harus diberikan imunisasi hepatitis, BCG, DPT-HB, polio serta campak.

"Kami juga terus memberikan pemahaman tentang pentingnya imunisasi untuk balita melalui sosialisasi," ujarnya.

Setiap balita yang diimunisasi akan dicatat oleh petugas, jika sudah lengkap akan langsung diberikan sertifikat. Imunisasi diberikan gratis dan tersedia di setiap puskesmas yang ada di daerah masing-masing.

Namun diakuinya masih ada beberapa orang tua maupun warga yang kurang memperhatikan anaknya untuk diimunisasi, dengan alasan khawatir anaknya sakit atau suhu badannya tinggi setelah diimunisasi.

"Memang setiap balita yang baru diimunisasi suhu tubuhnya meningkat, tetapi tidak akan menyebabkan sesuatu kepada anak," katanya.

Menurut dia, ini yang menjadi tantangan, dan pihaknya mengajak masyarakat peduli imunisasi untuk ikut menyosialisasikan progam tersebut dan memberikan pemahaman kepada warga lainnya terkait pentingnya imunisasi lengkap untuk balita," katanya.

(KR-ADR/E005)