Kita sama-sama bersabar menunggu hasil perhitungan suara akhir dari KPU Provinsi Sumatera Selatan hingga 15 Juni 2013, karena penghitungan cepat sekarang ini belum bisa menjadi jaminan sebagai pemenang Pilkada"
Palembang (ANTARA News) - Hasil sementara penghitungan cepat lembaga survei Indo Barometer, pada Pilkada Gubernur Sumatera Selatan, Kamis, Alex Noerdin masih unggul dalam mengumpulkan suara terbanyak.

Dalam survei itu menyebutkan, suara sementara yang diperoleh Alex Noerdin mencapai 36,02 persen, sedangkan pasangan calon gubernur Herman Deru pada urutan kedua yaitu 33,00 persen, kata Direktur Eksekutif Indo Barometer Muhammad Qodari di Palembang, Kamis.

Selanjutnya pasangan Eddy Santana Putra meraih suara 19,66 persen dan pasangan calon gubernur Iskandar Hasan mendapatkan suara 11,32 persen dari penghitungan suara sementara yang diterima.

Namun penentuan kemenangan Alex Noerdin tetap mengacu hasil hitungan manual Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Selatan pada 15 Juni 2013.

Anggota Komisi Pemilihan Umum Provinsi Sumatera Selatan Ong Berlian mengatakan, penghitungan suara saat ini masih pada tingkat Ketua panitia pemungutan suara (KPPS), 7-8 Juni berada di panitia pemungutan suara (PPS), kemudian pada 11-12 berada di tingkat kabupaten dan kota serta terakhir di KPU provinsi, 14-15 Juni 2013.

Setelah itu baru diketahui secara pasti pemenang pilkada gubernur Sumatera Selatan priode 2013-2018 dan akan diumumkan secara terbuka kepada seluruh masyarakat di wilayah Sumsel.

Direktur Eksekutif PolMark Indonesia Eep Saefulloh Fatah mengatakan, kemenangan hasil penghitungan suara sementara Alex Noerdin itu sudah diprediksi sejak awal karena semua program selama ini menyentuh masyarakat hingga lapisan bawah.

Sementara program pasangan calon gubernur Sumsel lainnya masih merupakan wacana dan diragukan masyarakat, karena pemilih sekarang ini berfikirnya sudah rasional dan dewasa, sehingga tidak bisa diberikan janji-janji politik terlalu muluk-muluk.

Pasangan calon gubernur nomor urut 4, Alex Noerdin mengatakan, dia mengaku bersyukur bisa meraih suara sementara terbanyak dan berterima kasih kepada masyarakat Sumsel masih mempercayai dirinya kembali memimpin wilayah Sumsel lima tahun mendatang.

Selain itu, pihaknya juga bersyukur bahwa pelakanaan pemilihan kepala daerah gubernur dan empat bupati digelar secara serentak di daerah itu berjalan aman, tertib dan lancar.

"Kita sama-sama bersabar menunggu hasil perhitungan suara akhir dari KPU Provinsi Sumatera Selatan hingga 15 Juni 2013, karena penghitungan cepat sekarang ini belum bisa menjadi jaminan sebagai pemenang Pilkada" ujarnya.

(Z005*U005/M033)

Pewarta: Zulkifli Lubis-Ujang Idrus
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013