Palembang (ANTARA News) - Alex Noerdin salah satu dari empat calon Gubernur Sumatera Selatan mulai kebanjiran ucapan selamat dari pendukungnya atas hasil hitung cepat suara Pilkada Sumsel, Kamis kemarin dari lembaga survei yang mengunggulkannya.

Pantauan Antara di kawasan rumah pribadi Alex Noerdin di Jalan Merdeka Palembang, Jumat pagi, puluhan unit paket ucapan selamat terpajang di pinggiran jalan kawasan rumah salah satu kandidat calon gubernur tersebut, padahal proses penghitungan suara sedang berlangsung dan hasil akhir diumumkan KPU 15 Juni mendatang.

Akibatnya, perhatian warga baik pengemudi bus dan penumpang maupun pemilik kendaraan pribadi yang melintas di kawasan itu memperlambat jalan kendaraan mereka.

Nmaun hasil hitung cepat Jaringan Survey Nasional menyebutkan Herman Deru-Maphilinda (nomor urut 3) justru unggul pada Pilkada Sumatera Selatan itu dengan 35,15.

Sedangkan hasil hitung cepat lembaga survei Indo Barometer menempatkam Alex Noerdin-Ishak Mekki dengan suara terbanyak 36,02 persen, disusul Herman Deru-Maphilinda dengan 33,00 persen.

Menanggapi hasil ini, Herman Deru-Hj Maphilinda menyatakan hanya percaya pada penghitungan manual oleh Komisi Pemilihan Umum pada 16 Juni mendatang.

Anggota KPU Provinsi Sumatera Selatan Ong Berlian mengatakan, penghitungan suara masih pada tingkat KPPS, 7-8 Juni dia panitia pemungutan suara (PPS), kemudian 11-12 Juni di tingkat kabupaten dan kota, serta terakhir di KPU provinsi, 14-15 Juni 2013.

Pewarta: Muhammad Suparni
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2013