Miami (ANTARA News) - Tony Parker mencetak 10 dari total 21 poin, di kuarter empat, sedangkan Tim Duncan menciptakan 20 poin dan 14 rebound ketika San Antonio Spurs menumbangkan tuan rumah Miami Heat 92-88 pada game pertama final NBA.

Parker melepaskan tembakan ketika waktu tersisa 5,2 detik untuk membantu mengunci kemenangan Spurs yang tampil lebih bugar, setelah mendapat sembilan hari istirahat menjelang game pertama ini.

Parker juga menciptakan enam assist dan mencetak poin dari beberapa lemparan bebas ketika waktu tersis 7:47 menit demi memberi Spurs unggul untuk pertama kalinya pada kuarter empat setelah mereka tertinggal 52-49 pada paruh kedua, dan 72-69 di akhir kuarter tiga.

San Antonio meladeni permaian Heat yang disangga oleh penampilan mempesona superstarnya LeBron James yang mengakhiri permainannya dengan sebuah triple double (dua kali mencetak lemparan tiga angka).

Spurs telah meraih empat cincin juara sejak  1999, termasuk yang terakhir pada 2007 yang saat itu mereka sukses mengunci tim muda Cleveland Cavaliers pimpinan LeBron James.

James sendiri mencetak 18 poin, 18 rebound dan 10 assist, sedangkan Dwyane Wade yang lutut kanannya dibalut karena cedera menciptakan 17 poin untuk Heat yang adalah juara bertahan yang menjuaria wilayah timur Eastern Conference setelah menyelesaikan game ketujuh melawan Indiana Senin pekan ini.  Chris Bosh dan Ray Allen masing-masing mencetak 13 poin.

Game dua akan berlangsung hari Minggu masih bertempat di Miami, demikian AFP.

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2013