Jakarta (ANTARA News) - Juara Olimpiade Beijing 2008 dan London 2012 Lin Dan asal China dipastikan tidak tampil pada kejuaraan bulutangkis Djarum Indonesia Terbuka 2013 yang berlangsung 10-16 Juni ini di Istora Senayan Jakarta.

Seperti dikutip harian The Strait Times, Jumat, tidak ada alasan resmi mengenai mundurnya pebulutangkis yang dijuluki "Super Dan " itu dan Asosiasi Bulutangkis China baru mengeluarkan pengumuman pengunduran tersebut Kamis malam lalu.

Lin Dan yang kini berusia 29 tahun, tidak hanya mundur dari Indonesia Terbuka, salah satu seri kejuaraan kategori Super Series, tapi juga dari Singapura Terbuka yang akan berlangsung 18-23 Juni mendatang.

"Saya mengalami cedera selama Kejuaraan Asia dan belum pulih sepenuhnya. Setelah mengikuti babak penyisihan Pekan Olahraga China, saya tidak dalam kondisi terbaik untuk ikut turnamen dan ingin berkonsentrasi untuk menyembuhan agar bisa tampil di Kejuaraan Dunia pada Agustus mendatang," kata Lin Dan seperti dikutip panitia Singapura Terbuka.

Mundurnya Lin Dan membuyarkan harapan penggemar bulutangkis Tanah Air untuk menyaksikan pertemuannya dengan harapan tuan rumah Indonesia Taufik Hidayat, juara Olimpiade Athena 2004.

Lin Dan harus mengikuti babak kualifikasi karena peringkatnya melorot ke urutan 69 dunia akibat absen delapan bulan setelah menjuarai Olimpiade London 2012 dan apabila lolos dari kualifikasi, akan langsung berhadapan dengan Taufik Hidayat di babak pertama.

Bagi Taufik, Indonesia Terbuka 2013 adalah turnamen terakhir yang diikutinya sebelum mengundurkan diri sebagai pebulutangkis profesional.

Mundurnya Lin Dan dari Singapura Terbuka juga semakin memperburuk citranya di negara tersebut karena sebelumnya dia pernah mengecewakan penonton gara-gara memberikan kemenangan kepada rekan senegara Chen Jin dengan alasan sakit pada final Singapura Terbuka 2011.

Pewarta: Atman Ahdiat
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2013