Jakarta (ANTARA News) - Timnas Indonesia akhirnya menyerah 0-3 atas Tim Oranye dalam laga persahabatan yang berlangsung di Stadion Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Jumat malam.

Tiga gol dari Belanda dicetak Siem de Jong pada menit 57 dan menit 67, serta Arjen Robben  pada menit ke-89. Kekalahan tim Garuda nampak akibat kelelahan para pemain timnas pada babak kedua.

Masuknya empat pemain baru langsung mengubah arah permainan Belanda pada babak kedua laga persahabatan itu dengan tercipta dua gol dalam tempo sepuluh menit, dan diakhiri satu gol lainnya dari Arjen Robben pada menit 89.

Timnas Indonesia akhirnya bertekuk lutut kepada Belanda dengan skor akhir 3-0.

Pada 12 menit, sejak diturunkan menggantikan Wesley Sneijder di babak kedua, tepatnya menit 57, Siem de Jong memecahkan kebuntuan timnas Belanda dengan menciptakan gol yang memanfaatkan umpan silang dari Ruben Schaken.

Kali ini sundulan pemain jangkung ini tak bisa diantisipasi kiper Kurnia Meiga yang pada babak pertama tampil gemilang dengan setidaknya menggagalkan empat peluang bersih Belanda untuk menciptakan gol yang dua diantaranya diciptakan dua superstar, Robin van Persie dan Wesley Sneijder.

Kedudukan pun berubah menjadi 1-0 untuk Belanda.

Sepuluh menit kemudian pada menit 67 kembali Siem de Jong memaksa Kurnia Meiga harus memungut bola dari jala gawangnya setelah untuk kedua kalinya melepaskan sundulan maut menyusul tendangan penjuru untuk Belanda.  2-0 untuk Belanda.

Satu menit menjelang waktu normal babak kedua usai, gelandang Bayern Muenchen yang baru saja menciptakan treble termasuk gelar juara Liga Champions, Arjen Robben menggenapkan kemenangan Belanda menjadi 3-0.

Setelah menerima umpan dari tengah yang dikirim Siem de Jong, Robben menusuk dari sektor kanan pertahanan Indonesia dengan mengelabui dua bek Indonesia termasuk Ahmad Bustomi, untuk kemudian mengakhirinya dengan tendangan keras spektakuler yang kali ini tak bisa dihalau Kurnia Meiga.  3-0 untuk Belanda.

Kedudukan 3-0 ini tak berubah sampai peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan ditiup wasit.

Pada babak kedua ini, selain memasukkan Siem de Jong, Belanda menukarkan Jasper Cillessen dengan Kenneth Vermeer, Robin van Persie dengan Ricky van Wolfswinkel, dan John Heitinga menggantikan Erik Pieters.

Pada babak kedua ini Indonesia juga memasukkan beberapa pemain, termasuk Andik Vermnasyah yang pada menit 59 menggantikan Greg Nwokolo, sedangkan Ricardo Salampessy ditukar beberapa menit sebelumnya dengan Zulkifly Syukur, dan Imanuel Wanggai dengan Ahmad Bustomi.

Indonesia sendiri berupaya menciptakan gol dan peluang paling besar terjadi ketika Andik Vermansyah yang menggocek bola dari sisi kanan area Belanda berusaha mengakhiri gocekannya yang mengecoh dua pemain Belanda dengan satu tendangan yang gagal menyasar gawang.

Pada menit 75, Andik kembali menciptakan peluang dari dari sisi kanan, namun tendangannya membentur kaki bek timnas Belanda sehingga hanya mampu menghasilkan tendangan sudut untuk Indonesia.

Pada 45 menit babak pertama, Timnas Garuda berhasil menahan Belanda 0-0 berkat penampilan cemerlang kiper Indonesia Kurnia Meiga yang membuat Indonesia sementara bisa menahan Juara Eropa 1988 itu dengan skor 0-0.

Didukung rapatnya barisan pertahanan Indonesia, Kurnia berulangkali mematahkan upaya pemain-pemain kelas dunia dari Belanda, termasuk bintang Manchester United Robin van Persie, dalam menjebol gawang Indonesia.

Tercatat Kurnia menciptakan dua kali penyelamatan spektakuler kala menggagalkan tembakan van Persie dan Wesley Sneijder menjelang babak kedua usai.

Belanda tampil dominan, tapi berulangkali gagal menembus barisan pertahanan Indonesia.  Kurnia sendiri berkali-kali cerdik menempatkan posisi sehingga bisa menjinakkan umpan-umpan ke arah gawangnya sehingga sampai babak pertama usai, gawang Indonesia terhindar dari kebobolan.

Indonesia sempat dikejutkan pada dua menit babak pertama mulai ketika van Persie memasukkan bola ke gawang Kurnia Meiga setelah memanfaatkan bola muntah dari Kurnia yang berhasil menepis tendangan pemain Belanda, namun gol tersebut dianulir karena offside.

Kendati menghadapi para pemain kelas dunia yang berpengalaman tampil di berbagai turnamen besar internasional, para pemain Indonesia yang diasuh pelatih Jacksen F Tiago tampak cukup percaya diri meladeni permainan tim Oranye.

Beberapa kali barisan pertahanan Indonesia mematahkan upaya pemain Belanda menjebol gawang Indonesia.

Pada babak pertama, tiga bintang Belanda yaitu van Persie, Sneijder dan Arjen Roben diturunkan pelatih Louis van Gaal. Sedangkan tim Indonesia, Jacksen Tiago menurunkan Patrich Wanggai, Sergio Van Dijk dan Greg Nwokolo di lini depan.
 
Hingga pertandingan babak kedua berakhir, kedudukan 0-3 untuk tim Oranye.

Susunana pemain:

Timnas Indonesia : Kurnia Meiga, Salampessy, Igbonefo, Toni Sucipto, M. Roby, Maitimo, Greg, Wanggai, Jufriyanto, Boaz, Van Dijk.
Cadangan: I Made, Andritany, Ruben Sanadi, Sulkifli, Ian Kabes, Hendro, Bustomi, Andik.

Timnas Belanda: Cilessen, Janmaat, Ron Vlaar, Pieters, Nelom, De Guzman, Schaken, Toornstra, Van Persie, Sneijder, Lens.
Cadangan: Tiendalli, Heitinga, Kuyt, Duarte, Van Wolfswinkel, De Jong, Robben, Vermeer, Vorm.(*)