... pasukan Afghanistan menargetkan tentara NATO... "
Kabul (ANTARA News) - Seorang pria mengenakan seragam militer Afghanistan menembak mati tiga tentara yang dipimpin NATO pada Sabtu di bagian timur negara itu, kata koalisi internasional. Ini contoh nyata terbaru dari "serangan orang dalam".

"Tiga anggota Pasukan Bantuan Keamanan Internasional (ISAF) tewas ketika seseorang mengenakan seragam ANSF (Pasukan Keamanan Nasional Afghanistan) membalik senjatanya pada mereka dan melepaskan tembakan," kata seorang juru bicara kepada AFP.

ISAF mengatakan pada twitter-nya, pihaknya sedang menyelidiki kemungkinan itu adalah serangan orang dalam di Afghanistan timur.

Para pejabat lokal di provinsi timur Paktika mengkonfirmasi insiden itu terjadi di Kabupaten Kot Khair.

"Ada serangan oleh tersangka anggota pasukan Afghanistan menargetkan tentara NATO," kata Mukhlis Afghan, juru bicara gubernur Paktika kepada AFP.

Taliban meluncurkan "ofensif musim semi" tahunan mereka pada 27 April lalu, membuka periode penting bagi Afghanistan saat pasukan keamanan lokal mengambil alim kepemimpinan dalam serangan terhadap para pemberontak.

Para gerilyawan mengatakan bom bunuh diri ganda dan "serangan insider" oleh tentara Afghanistan terhadap pasukan pimpinan NATO akan digunakan untuk menimbulkan korban sebanyak mungkin.

(H-AK)

Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2013