... Presiden Obama dan Presiden Xi menyepakati langkah baru yang penting untuk menghadapi perubahan iklim global... "
Rancho Mirage, California (ANTARA News) - Amerika Serikat dan China Sabtu sepakat meningkatkan upaya bersama guna memerangi perubahan iklim, berkomitmen untuk bekerja guna mengurangi hidrofluorokarbon (HFC), atau gas super rumah kaca.

Dalam pernyataan yang dikeluarkan setelah pertemuan puncak antara Presiden Amerika Serikat, Barack Obama, dan Presiden China, Xi Jinping, di Rancho Mirage, kedua pihak berkomitmen untuk tahap ke produksi dan penggunaan gas, yang merupakan kontributor yang sangat ampuh untuk perubahan iklim.

"Hari ini, Presiden Obama dan Presiden Xi menyepakati langkah baru yang penting untuk menghadapi perubahan iklim global," kata Gedung Putih, dalam satu pernyataan.

Kesepakatan itu akan melihat Washington dan Beijing bekerja sama untuk pertama kalinya, bersama dengan negara-negara lain untuk fase bawah konsumsi dan produksi HFC," kata pernyataan itu.

"Satu fase global yang menurunkan HFC berpotensi mengurangi sekitar 90 gigaton ekuivaken CO2 pada 2050, sama dengan kira-kira dua tahun senilai global emisi gas rumah kaca sekarang," kata pernyataan itu.

Upaya itu akan menggunakan lembaga-lembaga Protokol Montreal, yang kadang-kadang disebut sebagai perjanjian iklim global yang paling sukses, yang pertama dibentuk untuk mengatasi penipisan di lapisan ozon.

HFC merupakan gas rumah kaca potensial yang digunakan dalam lemari es, AC, dan berbagai peralatan industri.

Mereka dipandang sebagai ancaman karena penggunaannya bisa melemahkan upaya lain untuk membendung gas rumah kaca seperti karbon dioksida.

China telah bersedia untuk menandatangani upaya internasional lainnya untuk memerangi perubahan iklim, dengan alasan bahwa hal tersebut bisa menghambat perkembangannya, dan bahwa negara-negara kaya memiliki warisan pemanasan global jauh lebih berbahaya.

Amerika Serikat, Kanada, dan Meksiko yang mengusulkan amandemen terhadap Protokol Montreal, yang akan mulai fase penurunan produksi dan konsumsi HFC dengan cara diverifikasi.

(H-AK)

Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2013