Jakarta (ANTARA News) -  Himpunan Mahasiswa Kelautan Universitas Jendral Soedirman (Unsoed) dalam memperingati "Ocean Day" 8 Juni 2013,mensosialisasikan kemaritiman melalui "talk show" bertemakan "Dengan Jiwa Maritim Kita Tingkatkan Wawasan Kebangsaan dan Kemaritiman" di kampus Unsoed, Purwokerto, Sabtu.

Keterangan tertulis Humas Indonesia Maritime Institute (IMI) yang diterima Minggu, menyebutkan acara talk show yang ineteraktif itu diikuti ratusan mahasiswa Unsoed dan menghadirkan pembicara Komandan AL Cilacap Kolonel Laut Hari Mulyadi, MM dan Direktur Eksekutif IMI Dr Y Paonganan sebagai narasumber.

Dalam pemaparannya, Hari Mulyadi menyampaikan peran strategis TNI-AL dalam menjaga kedaulatan negara di laut serta kawasan perbatasan di pulau-pulau terluar.

"Walaupun kondisi di pulau-pulau terluar kadang tidak ada air tawar, tapi prajurit TNI-AL dan TNI-AD yang ditugaskan tidak pernah menyerah untuk menjaga keamanan dan pertahanan negara dari aktivitas mengancam kedaulatan NKRI," katanya.

Sementara itu, Y Paonganan menapresiasi mahasiswa yang telah memilih jurusan ilmu kelautan masuk kedalam kategori yang cerdas, karena tahu persis kondisi geografis NKRI sebagai negara dengan luas wilayah lautnya auh lebih besar dari daratan.

Paonganan juga mengajak mahasiswa Unsoed untuk terus menyuarakan pentingnya Indonesia menjadi Negara Maritim yang tangguh dan berdaulat, karena Indonesia akan jadi negara "super power" ketika bermetamorfosis menjadi sebuah negara maritim.

"Mari kita terus berjuang menjadikan Indonesia menjadi Negara Maritim," ujar Paonganan. (*)

Pewarta: Ruslan Burhani
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2013