Dalam kegiatan yang diselenggarakan Career Development Center (CDC) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) itu, perusahaan akan melakukan rekrutmen calon tenaga kerja,"
Yogyakarta (ANTARA News) - Sebanyak 20 perusahaan yang bergerak di bidang perbankan, kelapa sawit, perhotelan, asuransi, media cetak, dan vendor obat-obatan akan mengikuti "Job and Industrial Fair 2013" Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, 11--12 Juni 2013.

"Dalam kegiatan yang diselenggarakan Career Development Center (CDC) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) itu, perusahaan akan melakukan rekrutmen calon tenaga kerja," kata penanggung jawab "Job and Industrial Fair 2013" UMY Haris Aulawi di Yogyakarta, Minggu.

Menurut dia, kegiatan itu digelar sebagai sarana komunikasi dan jembatan pencari kerja dan pengguna tenaga kerja. Melalui kegiatan itu diharapkan terjadi penempatan tenaga kerja sesuai bakat, minat, dan kemampuan para pencari kerja.

"Kegiatan itu digelar terkait dengan salah satu fungsi CDC UMY yakni memberikan pelayanan bagi para pencari kerja untuk bisa bertemu langsung dengan pengguna tenaga kerja sehingga mereka bisa berinteraksi dengan baik," katanya.

Ia mengatakan, kegiatan bertema "Memfasilitasi Mahasiswa, Alumni, dan Dunia Kerja" itu terbuka bagi seluruh mahasiswa, alumni, dan umum dari perguruan tinggi di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Kegiatan itu bertujuan untuk memudahkan alumni perguruan tinggi se-DIY dalam memperoleh lapangan pekerjaan dan membantu perusahaan untuk mendapatkan tenaga kerja sesuai dengan yang diinginkan.

"Seluruh perguruan tinggi di DIY kami beri informasi mengenai kegiatan itu yang bersifat terbuka. Siapapun bisa masuk untuk mengikuti kegiatan itu dan tidak dipungut biaya," katanya.

Menurut dia, kemajuan teknologi dan dinamika pembangunan yang pesat menuntut dunia kerja untuk memperoleh tenaga kerja yang terdidik dan memiliki kompetensi plus.

"DIY sebagai kota pelajar yang dihuni oleh beberapa perguran tinggi negeri maupun swasta memiliki peran yang penting dalam menciptakan tenaga kerja terdidik, yang mempunyai daya saing di masyarakat," katanya.

Perusahaan yang ikut "Job and Industrial Fair 2013" UMY antara lain BTPN Syariah, BPD DIY Syariah, Best Agro Internasional, Generali Indonesia, Bank Syariah Mandiri, Bank BTN, Mutual Plus, PT Paragon Technology and Innovation, BRI Syariah.

Selain itu, Sahid Rich Hotel, Hotel Muncul, Teladan Prima Group, Pharos, Republika, Konimex, Bank Danamon, Asia Outsourcing Service, Jawa Pos/Radar Jogja, Harian Jogja, dan AdiTV.
(B015/M008)

Pewarta: Bambang Sutopo Hadi
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013