Minggu, 26 Oktober 2014

Ada kategori baru di AMI Awards 2013

| 4.059 Views
id anugerah musik indonesia, AMI Awards, penghargaan AMI Awards, syaharani
Kategori ini dinamis, berubah setiap tahun

Jakarta (ANTARA News) - Anugerah Musik Indonesia (AMI) Awards ke-16 akan diselenggarakan pada 2 Juli 2013 dan ditayangkan langsung dari studio RCTI.

Tahun ini, AMI Awards terbagi menjadi 49 kategori, mulai dari pop, rock, jazz, dangdut, keroncong, reggae,hingga rap. Ada juga tiga kategori bidang umum, yaitu Pendatang Baru Terbaik, Album Terbaik, dan Karya Produksi Terbaik.

20 orang dari kalangan musisi, pengamat musik, dan record label yang tergabung dalam tim kategorisasi bertugas memilah beragam entri musik yang terdaftar dalam kategori yang tepat.

"Kategori ini dinamis, berubah setiap tahun, semoga ke depan ada penambahan kategori lagi sehingga AMI Awards dapat mencakup semua aspek, baik industri musik dan produksi musik," kata Syaharani yang sudah dua kali bergabung dalam tim kategorisasi.

Selain Syaharani, ada pula Ikke Nurjanah, Ramondo Gascoro, Andre Sumual, dan Maera Panigoro.

Pop urban merupakan kategori yang baru hadir dalam AMI tahun ini. Syaharani menjelaskan, musik pop di Indonesia mendapat pengaruh yang beragam.

"Pop urban itu pop yang punya influence musik dari RnB, soul, tapi aransemen popnya tetap kuat. Pop yang dikonsumsi kaum urban," kata penyanyi jazz itu di Jakarta, Selasa.

Hasil yang sudah dikelompokkan dalam kategori tersebut dipilih oleh 200 anggota Swara dari AMI yang memilih secara independen dengan identitas yang dirahasiakan. Hasil pilihan anggota Swara yang terdiri dari musisi, pengamat, dan pelaku industri musik akan diserahkan pada akuntan publik untuk diolah.

"Hasil diberikan pada panitia semalam sebelum acara. Makanya piala AMI tidak pernah ditulis nama pemenangnya, hanya nama kategori," jelas Tantowi Yahya, Ketua Umum AMI Awards, menambahkan bahwa itu adalah konsep yang diadopsi dari Grammy Awards.

Dia juga mengatakan bahwa panggung AMI Awards adalah milik semua musisi, apapun genre musiknya.

"Panggung AMI milik semua, mulai dari artis baru, artis yang sedang naik daun, artis senior ada."

AMI Awards akan menampilkan beragam musisi lintas generasi, termasuk Kla Project, Ikke Nurjanah, Nicky Astria, dan Dian Piesesha.


Berikut adalah nominasi untuk kategori Pop Urban.

Kategori Artis Solo Pria/Wanita Pop Urban Terbaik
1. Agnes Monica (Muda)
2. Glenn Fredly (Malaikat Juga Tahu)
3. Marcell (Kini)
4. Once (I Still Love You)
5. Tompi (Waktu Takkan Mampu)

Kategori Duo/Grup Pop Urban Terbaik
1. Ariel, Uki, Lukman, Reza, David (Cobalah Mengerti)
2. GIGI (Mutiara yang Hilang)
3. Nidji (Liberty Victory)
4. Piyu feat. Anji (Ku Tak Salah Melepasmu)
5. Tangga (Cinta Tak Mungkin Berhenti)
6. Yovie n Nuno (Galau)


Editor: Desy Saputra

COPYRIGHT © ANTARA 2013

Komentar Pembaca
Baca Juga