Biak (ANTARA News) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kelas 1 Frans Kaisiepo Kabupaten Biak Numfor, menginformasikan tinggi gelombang laut berpotensi mencapai 3-4 meter diperkirakan melanda perairan laut Papua Barat, Arafura bagian Timur dan Papua, Kamis.

Berdasarkan laporan BMKG Biak, keadaan angin pada umumnya bertiup dari arah Timur Laut hingga Tenggara dengan kecepatan angin berkisar 5-22 Km/jam serta keadaan cuaca berawan hingga hujan dengan intensitas ringan hingga sedang.

Untuk peluang hujan diperkirakan terjadi pagi hingga dini hari dengan suhu udara mencapai sekitar 25-31 Derajat Celcius serta kelembaban udara berkisar 74-96 persen.

BMKG menginformasikan, tinggi gelombang laut mencapai berkisar 3-4 meter diperkirakan terjadi di laut Arafuru bagian Timur, Yos Sudarso dan Merauke.

Sedangkan tinggi gelombang 2-3 meter diperkirakan melanda perairan Fakfak-Kaimana dan Agats Amamapare serta Biak bagian Utara..

Untuk keadaan angin di perairan wilayah Utara Papua pada umumnya bertiup dari Barat hingga Timur dengan kecepatan angin berkisar 5- 15 knots/jam dan terjadi hujan.

Sedangkan perairan Selatan Papua angin pada umumnya bertiup dari Timur hingga Tenggara dengan kecepatan berkisar 10-25 knots/jam terjadi hujan.

Untuk perairan Biak angin bertiup dari Timur dengan kecepatan 5-10 knots/jam serta tinggi gelombang berkisar 0,50 meter hingga maksimal 1,25 meter terjadi hujan.

Laporan prakiraan cuaca dikeluarkan BMKG Kelas 1 Frans Kaisiepo Biak berlaku selama 24 jam mulai Kamis pagi pukul 07.00 WIT

Hingga Kamis pagi pukul 07.00 WIT keadaan cuaca di kota Biak sekitarnya tampak cerah dan berawan sehingga memperlancar aktifitas keseharian warga Biak setempat.

(M039/M019)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013