Ambruknya rumah tersebut akibat hujan deras ditambah kondisi rumah yang sudah keropos,"
Sukabumi (ANTARA News) - Satu keluarga terdiri atas empat jiwa tertimpa bangunan rumah sendiri yang ambruk dilanda hujan deras dari pagi hingga siang di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

"Ambruknya rumah tersebut akibat hujan deras ditambah kondisi rumah yang sudah keropos," kata Kepala Bidang Logistik dan Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi, Usman Susilo kepada wartawan, Jumat.

Kejadian di Desa Loji, Kecamatan Simpenan tersebut tidak menelan korban jiwa, tetapi seorang korban yakni Erum patah pada bagian kaki, sementara ketiga korban lain mengalami luka ringan dan sedang.

Menurut Usman, bantuan darurat seperti sembilan bahan pokok dan kebutuhan lainnya pun sudah dikirim. Untuk sementara, para korban diungsikan, karena rumahnya ambruk dan tengah diperbaiki secara swadaya.

Potensi bencana di Kabupaten Sukabumi cukup tinggi apalagi saat ini tengah puncak-puncaknya musim hujan. Selain itu kondisi cuaca pun tidak menentu dan dapat berubah secara drastis. Maka dari itu pihaknya mengimbau kepada masyarakat untuk selalu waspada.

Selain itu, pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan pihak Kecamatan Simpenan dan Pemda Kabupaten Sukabumi agar bisa memberikan bantuan untuk perbaikan sementara rumah korban agar bisa kembali lagi dihuni oleh para korban.

"Di musim hujan ini seluruh daerah rawan terjadi bencana baik banjir, longsor, angin puting beliung dan lain-lain. Untuk mengantisipasi jatuhnya korban jiwa, kami sudah menurunkan puluhan relawan dan petugas," tambahnya.

(KR-ADR/A013)

Pewarta: Aditya A Rohman
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013