...40 ribu orang pada hari biasa, dan 60 ribu orang pada akhir pekan..."
Jakarta (ANTARA News) - Tak kurang dari 60 ribu orang mengunjungi Taman Margasatwa Ragunan, Jakarta Selatan, pada akhir pekan di musim liburan sekolah.

"Selama dua minggu ini jumlah pengunjung naik signifikan. Musim liburan sudah datang, biasanya jumlah pengunjung mencapai 40 ribu orang pada hari biasa, dan 60 ribu orang pada akhir pekan," kata Wahyudi Bambang Prihantoro, di Jakarta, Sabtu.

Menurut Wahyudi, para pengunjung kerap menghabiskan libur sekolah untuk berkumpul bersama keluarga, atau mengadakan kegiatan perpisahan sekolah bersama guru dan teman-teman mereka.

Untuk memuaskan hati para pengunjung, pihak Taman Margasatwa Ragunan menambah frekuensi atraksi beberapa satwa yang paling diminati, misalnya gajah tunggang dan unta tunggang.

"Frekuensinya ditambah, jika memungkinkan akan dilakukan setiap hari selama masa liburan. Tetapi tergantung dengan kondisi satwa sendiri," kata Wahyudi.

Sementara itu, Wahyudi mengatakan, untuk menambah kenyamanan para pengunjung, pihaknya juga berupaya meningkatkan kebersihan dan keamanan di area kebun binatang dengan lebih sering melakukan pembersihan dan menyediakan tempat sampah di setiap 10 meter area kebun binatang.

"Kami juga memiliki program Gerakan Ragunan Bersih dengan mengajak seluruh pengunjung untuk menjaga kebersihan di lingkungan tempat wisata," kata Wahyudi.

Untuk menjaga keamanan, Wahyudi mengemukakan bahwa pihaknya bekerja sama dengan aparat terkait, seperti kepolisian, tentara, Koramil, Kodim, dan petugas keamanan internal.

Demi kenyamanan bersama, Wahyudi mengimbau agar para pengunjung senantiasa menjaga kebersihan lingkungan dan tidak berinteraksi dengan satwa dalam bentuk apapun.

"Diharapkan pengunjung tidak memberi makan satwa, mengganggu dengan melempar benda atau menimbulkan bunyi-bunyian yang bisa mengganggu ketenangan satwa," kata Wahyudi.

Pewarta: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2013