Jakarta (ANTARA News) - Sejumlah pedagang kaki lima memanfaatkan Pekan Produk Kreatif Daerah Jakarta 2013 yang diadakan di Silang Monas, Jakarta, untuk meningkatkan keuntungan penjualan hingga berlipat.

"Syukur ada acara pesta rakyat ini sehingga bisa memberi kesempatan bagi pengusaha kecil untuk meraup omset dan keuntungan lebih besar dari biasanya," kata pedagang makanan dan minuman, Waro, di Silang Monas Jakarta, Sabtu malam.

Menurut Waro acara tersebut sangat membantu pengusaha kecil dalam menjalankan bisnis karena bisa menambah pengunjung ke Monas sehingga meningkatkan jumlah pembeli.

Jika pada Jumat dan akhir pekan biasa, keuntungan yang biasa diraih dari menjual makanan seduh seperti mie dan minuman sekitar RP100 ribu, jelas Waro.

Namun dengan adanya Pesta Rakyat tersebut, pada Jumat (14/6), Waro mengaku keuntungannya naik tiga kali lipat mencapai Rp300 ribu.

"Hanya saja kendala dalam berjualan makanan dan minuman seduh adalah mencari penjual air panas yang susah," jelas Waro.

Waro mengatakan penjual air panas di Stasiun Gambir selalu habis sejak ada Pesta Rakyat sehingga dia harus mencari ke Stasiun Senen.

"Bagusnya tidak ada pungutan biaya atau retribusi untuk berjualan di sini. Kami hanya dipungut biaya Rp2.000 untuk biaya pengelolaan kebersihan," kata Waro.

Sementara itu pengusaha produk kreatif juga mengatakan pasar rakyat memberikan keuntungan tambahan yang signifikan.

"Jika pada pameran biasa, mungkin keuntungan perhari hanya sekitar Rp500 ribu. Namun pada Jumat hingga hari ini sudah bisa dapat Rp2 juta," kata pengusaha kerajinan batu hias di gerai tenda produk kreatif Yuli (36).

Dia mengatakan dengan pameran tersebut pengusaha bisa menurunkan harga yang tinggi karena tidak ada pungutan biaya untuk ikut serta dalam kegiatan.

"Lumayan (turun harga). Saya biasa jual gelang batu di pameran di Balai Sidang Jakarta seharga Rp100 ribu, tapi di sini saya berani jual Rp50 ribu," kata Yuli.

Acara pesta rakyat tersebut diselenggarakan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk memberi kesempatan kepada pengusaha mikro dan kecil serta produk kreatif Jakarta dalam memamerkan serta menjual produknya.

Kegiatan yang dibuka oleh Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Cahaya Purnama (Ahok) pada Jumat (14/6) akan berlangsung selama tiga hari hingga Ahad.

Sejumlah pengusaha kecil, produk kreatif serta pedagang kaki lima yang menjual berbagai barang unik memadati pameran di Silang Monas tersebut.
(B019/T007)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013