Sabtu, 30 Agustus 2014

Seni tradisi Madura di hari pertama Pesta Kesenian Bali

Minggu, 16 Juni 2013 08:59 WIB | 3.717 Views
Seni tradisi Madura di hari pertama Pesta Kesenian Bali
Pesta Kesenian Bali Sejumlah seniman Bali membawakan tari kolosal dalam parade Pesta Kesenian Bali ke-35 di Denpasar, Bali, Sabtu (15/6). Kegiatan tahunan bidang seni budaya itu berlangsung 15 Juni-13 Juli 2013 dengan melibatkan sekitar 15 ribu seniman dari Bali, grup kesenian dari beberapa daerah di tanah air dan 3 grup kesenian dari mancanegara. (ANTARA FOTO/Nyoman Budhiana)
Denpasar (ANTARA News) - Ajang Pesta Kesenian Bali (PKB) ke-35 tahun 2013 pada hari pertama mementaskan lima kegiatan seni budaya, baik dari Pulau Dewata maupun partisipasi dari daerah lain.

Panitia PKB ke-35, Wayan Dauh, kesenian yang akan ditampilkan hari ini adalah dari Lampung dan Madura. Kemudian disusul kesenian tradisional Bali, yaitu parade "Ngelawang" akan diisi dari Kabupaten Karangasem, Tabanan, dan Klungkung.

Malam harinya akan diisi kesenian dari Provinsi Papua bertempat di panggung terbuka Ardha Candra dan pementasan kesenian dari negara Timor Leste. 

Sementara itu, di arena PKB yang dipusatkan di Taman Budaya Denpasar selama sebulan hingga 13 Juli mendatang melibatkan ratusan kelompok kesenian dari delapan kabupaten dan satu kota di Bali. Di samping juga partisipasi dari sejumlah daerah di Indonesia dan luar negeri.

Ajang tahunan tersebut selain pementasan seni dan budaya, juga dipamerkan berbagai kerajinan tangan, seni lukis, serta seni patung.

Bagi pengunjung yang ingin menikmati menu tradisional Bali, panitia juga menyediakan anjungan khusus untuk kuliner ala Pulau Dewata.

Editor: Desy Saputra

COPYRIGHT © 2013

Komentar Pembaca
Baca Juga