Bandung (ANTARA News) - Film "5 Cm" garapan menjadi menyabet kategori Film Terpuji dalam Festival Film Bandung (FFB) 2013 yang diumumkan pada acata puncak yang digelar di kawasan Lapangan Gasibu Kota Bandung, Sabtu malam.

Film garapan Soraya Intercine tersebut mengungguli empat nominasi film unggulan lainnya yakni Tanah Surga...Katanya, Habibie & Ainun, Gending Sriwijaya dan 9 Summers 10 Autumns.

"Saya tidak menyangka film 5Cm bisa mendapatkan penghargaan dan menjadi film terpuji di FFB 2013 yang ke-26 ini," kata produser film Ram seusai menerima penghargaan itu.

Menurut Ram Soraya, penghargaan itu tidak lepas dari apresiasi dan antusias para penonton saat menonton film 5 Cm.

"Saya senang karena apresiasi dan antusiasnya para penonton terhadap film 5 Cm," katanya

Penilaian film terpuji Festival Film Bandung dilakukan melibatkan juri FFB mulai tanggal 1 Maret 2012 hingga 30 April 2013 dari film-film yang beredar. Pada FFB 2013 ini terjaring 92 judul film nasional serta 140 judul film impor.

Ram Soraya menambahkan, dengan penghargaan di ajang seperti ini bisa menjadi motivasi PT Soraya Intercine Films untuk terus menghasilkan film-film terbaik.

"Semoga kedepannya kita bisa terus memberikan film yang diapresiasi," kata Ram Soraya yang menjanjikan dua film terbarunya tahun ini.

Selain menyabet film teruji, 5Cm juga mendapat penghargaan lainya yang diberikan kepada Sastha Sunu sebagai Penata Editing Terpuji serta Yudi Datau sebagai Penata Kamera Terpuji.

Aktris Acha Septriasa dan Julia Perez terpilih menjadi Pemeran Utama Wanita Terpuji dalam FFB 2013. Acha Septriasa meraih penghargaan itu atas perannya dalam film "Test Pack" dan Julia Perez dalam Gending Sriwijaya.

Sedangkan Pemeran Utama Pria Terpuji diraih oleh Reza Rahadian dalam film Habibie & Ainun.

Duet Alex Komang dan Dewi Irawan yang membintangi film "9 Summers 10 Autumns" terpilih menjadi Pemeran Pembantu Pria dan Wanita Terpuji FFB 2013.

Penghargaan lainnya, Lifetime Achievement Award dianugerahkan kepada Johan Chasmadi dan Rahayu Effendi. Penghargaan bagi Rahayu diterima oleh putranya Dede Yusuf yang juga mantan Wakil Gubernur Jabar.



Pewarta: Syarif Abdullah
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2013