...kami telah mencapai titik balik..."
Santander, Spanyol (ANTARA News) - Spanyol bangkit dari krisis keuangannya dan mungkin mengarah ke "titik balik" berkat penguatan keuangan publik, setelah nyaris meminta dana talangan skala penuh pada 2012, kata Menteri Anggaran Cristobal Montoro, Senin.

"Kami bangkit dari krisis," katanya, mengutip neraca transaksi berjalan yang positif, peningkatan akses ke pasar keuangan internasional dan berkurangnya inflasi di ekonomi terbesar keempat zona euro itu.

"Kuartal kedua bisa menjadi titik balik yang jelas bagi perekonomian kami," setelah fiskal kembali naik pada Mei dibandingkan dengan bulan sebelumnya, kata Montoro pada sebuah pertemuan ekonomi di Santander, Spanyol Utara.

"Hal ini sangat mungkin bahwa perekonomian kami telah menyentuh posisi terbawah dan kami telah mencapai titik balik," seperti dikutip AFP.

Spanyol telah mengalami resesi sejak 2011, penurunan kedua dalam lima tahun terakhir setelah runtuhnya "booming" perumahan pada 2008 yang telah mendorong tingkat pengangguran di atas 27 persen.

"Akan ada pembicaraan tentang krisis sampai pekerjaan berhenti dihancurkan, dan kami sangat dekat untuk mencapai itu," kata Montoro.

Spanyol telah menerima 41 miliar euro (55 miliar dolar AS) sebuah saluran kredit dari para mitra zona euronya yang disepakati tahun lalu untuk menyelamatkan bank-banknya yang dilanda kesulitan.

Setelah penyelamatan perbankan disepakati, Spanyol dianggap mendekati permintaan dana talangan pemerintah penuh tetapi menolak dan kini melihat biaya pinjamannya berkurang karena ketegangan pasar atas keuangan publik telah tenang.

Pemerintah konservatif telah mengenakan pemotongan anggaran sulit yang bertujuan untuk mengurangi defisit publik dari tujuh persen pada tahun lalu menjadi target dari 6,3 persen tahun ini dan 5,5 persen pada 2014.

"Sebuah negara seperti Spanyol yang belum menerima dana talangan telah membuat penyesuaian keuangan besar yang belum pernah terlihat sebelumnya," kata Montoro.

(A026)

Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2013